Islama, Afiifah Annisaa (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAAN PRODUK PEMBIAYAAN BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Pelaku UMKM Pasar Beringharjo Yogyakarta). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
| ![[thumbnail of 1. Skripsi Full - Afiifah Annisaa Islama 152150095.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 1. Skripsi Full - Afiifah Annisaa Islama 152150095.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | 
| ![[thumbnail of 2. Abstrak.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 2. Abstrak.pdf Download (86kB) | 
| ![[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 5. Daftar Isi.pdf Download (101kB) | 
| ![[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 6. Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | 
| ![[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 4. Lembar Pengesahan.pdf Download (619kB) | 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh 
kepercayaan terhadap minat konsumen menggunakan produk pembiayaan bank 
syariah, mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap 
minat konsumen menggunakan produk pembiayaan bank syariah, dan mengetahui 
dan menganalisis pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan secara simultan 
terhadap minat konsumen menggunakan produk pembiayaan bank syariah studi 
kasus pada pelaku UMKM Pasar Beringharjo Yogyakarta. Hasil penelitian dapat 
digunakan untuk meningkatkan pemahaman bagi bank syariah tentang 
karakteristik nasabah dalam menentukan pilihannya, sehingga sebuah lembaga 
keuangan dapat mengoptimalkan serta mengembangkan pelayanannya kepada 
masyarakat khususnya pada pelaku UMKM.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatory dengan pendekatan 
kuantitatif. Variabel penelitian yaitu kepercayaan (X1), kualitas pelayanan (X2) 
dan minat menggunakan produk pembiayaan (Y). Populasi dalam penelitian ini 
yaitu seluruh UMKM di Pasar Beringharjo, rumus pengambilan sampel dengan 
rumus Yamane diperoleh sampel sebanyak 100 UMKM. Teknik pengumpulan 
data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert. 
Analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi Uji T pada variabel 
kepercayaan sebesar 0,041< 0,05, yang berarti secara parsial variabel kepercayaan 
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat UMKM menggunakan 
pembiayaan syariah. Variabel kualitas pelayanan memiliki nilai signifikansi 
sebesar 0,002 < 0,05, yang berarti secara parsial variabel kualitas pelayanan 
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat UMKM menggunakan 
pembiayaan syariah. Hasil uji F yakni 0,000 < 0,05. Ketika nilai Uji F berada pada 
dibawah tingkat signifikansi menunjukkan bahwa kepercayaan dan kualitas 
pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat 
konsumen menggunakan pembiayaan syariah bagi UMKM Pasar Beringharjo 
Yogyakarta. Nilai Adjusted r-squared sebesar 37,2 persen. Hal tersebut berarti 
bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat UMKM pasar Beringharjo dalam 
menggunakan pembiayaan syariah dapat dijelaskan oleh variabel kepercayaan dan 
kualitas pelayanan sebesar 37,2 persen. Sisanya dijelaskan atau dipengaruhi oleh 
variabel lain.
Kata kunci : Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Minat Konsumen, Bank Syariah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Minat Konsumen, Bank Syariah | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | Eko Yuli | 
| Date Deposited: | 02 Sep 2022 07:25 | 
| Last Modified: | 02 Sep 2022 07:25 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30853 | 
Actions (login required)
|  | View Item |