TIKTOK SEBAGAI GAYA HIDUP (Studi Fenomenologi Pengguna Aplikasi TikTok di Lingkungan Komunitas Mahasiswa Pengguna TikTok di Daerah Istimewa Yogyakarta

Kurniawan, Ricky Arista (2022) TIKTOK SEBAGAI GAYA HIDUP (Studi Fenomenologi Pengguna Aplikasi TikTok di Lingkungan Komunitas Mahasiswa Pengguna TikTok di Daerah Istimewa Yogyakarta. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of FULL SKRIPSIII rickyy aristaaa kurniawan FINAL.pdf] Text
FULL SKRIPSIII rickyy aristaaa kurniawan FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)

Abstract

TikTok menjadi aplikasi media sosial dengan perkembangan paling pesat pada
dua tahun terakhir. Berawal dari sebuah aplikasi yang dianggap alay oleh banyak
orang, dewasa ini TikTok mulai berubah menjadi suatu platform media sosial
yang keberadaannya mulai diterima oleh masyarakat. Fenomena maraknya
penggunaan aplikasi TikTok juga terjadi kepada mahasiswa yang khususnya
berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, untuk mengetahui gaya hidup
serta fenomena aplikasi TikTok di lingkungan mahasiswa, maka dalam penelitian
kali ini teori yang digunakan yaitu teori fenomenologi menggunakan metode
penelitian kulaitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi guna
mengungkap motif individu dalam menggunakan aplikasi TikTok. Pengumpulan
data menggunakan observasi dan wawancara mendalam terhadap enam informan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan fenomena dan pengalaman
individu dalam pemahaman realitas, TikTok menciptakan suatu gaya hidup
narsistik, modern dan konsumtif yang dianut oleh para penggunanya. Dalam
penelitian ini, gaya hidup narsistik dikonstruksikan sesuai dengan pengalaman dan
intrepetasi pengguna atas konten dan fenomena yang berada dalam TikTok,
sedangkan gaya hidup modern dan konsumtif adalah dua gaya hidup yang saling
berhubungan.
Kata Kunci : Gaya Hidup, Fenomenologi, TikTok

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Fenomenologi, TikTok
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:44
Last Modified: 03 Oct 2022 01:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29694

Actions (login required)

View Item View Item