PENGARUH MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP TOURIST SATISFACTION SERTA AFFECTIVE COMMITMENT (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Goa Cerme)

Azaki, Akmal (2022) PENGARUH MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP TOURIST SATISFACTION SERTA AFFECTIVE COMMITMENT (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Goa Cerme). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Akmal Azaki, Nomor Induk Mahasiswa 152170009, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Pengaruh
Memorable Tourism Experience dan Perceived Quality terhadap Tourist
Satisfaction serta Affective Commitment” (Studi pada wisatawan yang telah
berkunjung ke Goa Cerme). Pembimbing 1 Eny Endah Pujiastuti dan Pembimbing
II Meilan Sugiarto.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Memorable Tourism
Experience dan Perceived Quality terhadap Tourist Satisfaction serta Affective
Commitment (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Goa Cerme).
Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Goa Cerme. Penelitian ini
menggunakan tipe explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian
merupakan seluruh wisatawan yang telah berkunjung ke objek wisata Goa Cerme
dengan kriteria minimal dua kali kunjungan. Ukuran sampel sebanyak 176
responden. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik
inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Memorable Tourism
Experience berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction, Perceived
Quality berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction, Memorable Tourism
Experience berpengaruh signifikan terhadap Affective Commitment, Perceived
Quality berpengaruh signifikan terhadap Affective Commitment, Tourist
Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Affective Commitment, Memorable
Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Affective Commitment
melalui Tourist Satisfaction, Perceived Quality berpengaruh signifikan terhadap
Affective Commitment melalui Tourist Satisfaction.
Berdasarkan hasil penelitian, objek wisata Goa Cerme harus mampu
mempertahankan dan meningkatkan pengalaman wisata yang berkesan dan kualitas
destinasi agar wisatawan mendapatkan kepuasan saat melakukan kunjungan
sehingga mampu menciptakan komitmen afektif terhadap destinasi wisata tersebut.
Kata Kunci: Memorable Tourism Experience, Perceived Quality, Tourist
Satisfaction, Affective Commitment

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Memorable Tourism Experience, Perceived Quality, Tourist Satisfaction, Affective Commitment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:43
Last Modified: 15 Aug 2022 02:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28530

Actions (login required)

View Item View Item