PENGARUH TOURIST EMOTIONS DAN AUTHENTICITY TERHADAP TOURIST SATISFACTION SERTA PLACE ATTACHMENT (Studi pada wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Keraton Yogyakarta)

SOLEHA, DIFTIANY R AHMA (2022) PENGARUH TOURIST EMOTIONS DAN AUTHENTICITY TERHADAP TOURIST SATISFACTION SERTA PLACE ATTACHMENT (Studi pada wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Keraton Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR IS1 FIX (1).pdf]
Preview
Text
DAFTAR IS1 FIX (1).pdf

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-Diftiany-Rahma-Soleha.pdf] Text
SKRIPSI-Diftiany-Rahma-Soleha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Diftiany Rahma Soleha, Nomor Mahasiswa 152160125, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Tourist
Emotions dan Authenticity terhadap Tourist Satisfaction serta dampaknya pada
Place Attachment” (Studi pada wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke
Keraton Yogyakarta) 2021. Dosen Pembimbing I Eny Endah Pujiastuti dan
Pembimbing II Suratna.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Emotions dan
Authenticity terhadap Tourist Satisfaction serta dampaknya pada Place Attachment
(Studi pada wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Keraton Yogyakarta).
Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Keraton Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan tipe penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sampel
dalam penelitian ini adalah wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Keraton
Yogyakarta. Ukuran sampel dengan 127 responden. Teknik sampling yang
digunakan adalah nonprobability sampling. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif yang dijelaskan melalui data tabel dan presentasi dan analisis
inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tourist emotions berpengaruh
signifikan terhadap tourist satisfaction. Authenticity berpengaruh signifikan
terhadap tourist satisfaction. Tourist emotions berpengaruh signifikan terhadap
place attachment. Authenticity berpengaruh signifikan terhadap place attachment.
Tourist satisfaction berpengaruh signifikan terhadap place attachment. Tourist
emotions berpengaruh signifikan terhadap place attachment melalui tourist
satisfaction. Authenticity berpengaruh signifikan terhadap place attachment melalui
tourist satisfaction.
Berdasarkan hasil penelitian, destinasi wisata Keraton Yogyakarta harus
mampu mepertahankan dan meningkatkan perasaan emosi positif yang diberikan
kepada wisatawan dan menjaga serta merawat keaslian warisan budaya untuk
memberikan pengalaman yang otentik, unik, dan berbeda dari wisata lainnya,
sehingga wisatawan mendapatkan kepuasan setelah melakukan kunjungan wisata
dan memiliki sebuah ingatan yang baik yang secara tidak sadar akan membangun
hubungan berupa keterikatan tempat antara wisatawan dan destinasi wisata
tersebut.
Kata kunci : Tourist Emotions, Authenticity, Tourist Satisfaction, Place Attachment.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tourist Emotions, Authenticity, Tourist Satisfaction, Place Attachment.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Mar 2022 02:08
Last Modified: 24 Oct 2022 08:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28525

Actions (login required)

View Item View Item