ANALISIS ISI PESAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @KULINERYOGYA

Wahyudi, Ihza (2020) ANALISIS ISI PESAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @KULINERYOGYA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full.pdf] Text
1. Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media sosial instagram memunculkan terciptanya banyak
peluang di berbagai bidang termasuk dalam kebutuhan informasi juga promosi
melalui unggahan-unggahan yang di bagikan di media sosial mampu memberikan
informasi serta menimbulkan daya tarik bagi pengguna instagram. Promosi
melalui media online merupakan cara efektif untuk memperkenalkan
keanekaragaman kuliner. Akun Instagram @kulineryogya sebagai alat promosi
kuliner untuk wilayah Yogyakarta mampu memperkenalkan tempat kuliner wisata
kepada masyarakat lokal dan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk
mengetahui data kuantitatif unit analisis kategori paling dominan pada unggahan
akun @Kulineryogya pada media instagram. Metode penelitian yang digunakan
adalah analisis isi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah isi media sosial instagram pada akun @kulineryogya pada
periode 1 juni 2019 sampai dengan 28 juni 2019. Data dikumpulan melalui data
primer yang yang diperoleh peneliti langsung dari unggahan foto instagram
@kulineryogya periode 1 juni 2019 sampai dengan 28 juni 2019. Hasil penelitian
ini merupakan isi pesan pada unggahan akun @kulineryogya yang paling
dominan pada media sosial instagram yaitu deskripsi caption persuasif, jam
operasional, sudut pandang gambar 45 deggres, komentar positif dan like.
Elemen-elemen isi pesan yang diunggah dalam akun instagram @kulineryogya
mampu memenuhi syarat sebagai media preferensi wisata kuliner dan sehingga
dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi followers dan pengguna instagram.

Kata kunci : Instagram, @kulineryogya, wisata kuliner

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Instagram, @kulineryogya, wisata kuliner
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
x. Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Aug 2021 09:08
Last Modified: 03 Aug 2021 09:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26437

Actions (login required)

View Item View Item