Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Kerja, Beban Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Stress Kerja Pada Customer Service Traveloka

Ilham, Andrie (2020) Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Kerja, Beban Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Stress Kerja Pada Customer Service Traveloka. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Tesis Full Andrie Ilham.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img]
Preview
Text
Pengesahan 2 Andrie ilham.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan 1 Andrie Ilham.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul Andrie Ilham.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Andrie Ilham.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi Andrie Ilham.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Andrie Ilham.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data PT. Transcosmos Indonesia pada tahun 2018-2019 turnover karyawan cukup mengalami peningkatan yang disebabkan oleh stres kerja. Penelitian ini berujuan untuk mengukur pengaruh parsial dan simultan yang ditimbulkan oleh komunikasi interpersonal, budaya kerja, beban kerja dan kepuasan kerja terhadap stres kerja pada customer service traveloka. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan sistem simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) adanya pengaruh simultan antara variable komunikasi interpersonal, budaya kerja, beban kerja dan kepuasan kerja terhadap stes kerja pada customer service traveloka dengan nilai R 0,841, nilai F 45.182 dan signifikan p 0,000. Berdasarkan tabel analisis data memperoleh R-Square sebesar 0,707 atau 70,7%. 2) Komunikasi interpersonal berpengaruh signifikan secara parsial terhadap stres kerja dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) -0,802. 3) Budaya kerja berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap stres kerja dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) -0,816. 4) Beban kerja berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap stres kerja dengan nilai koefisien korelasi (rx3y) 0,566. 5) Kepuasan kerja berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap stres kerja dengan nilai koefisien korelasi (rx4y) -0,748. Hasil penelitian ini stres kerja yang dialami oleh customer service traveloka sebesar 70,7% berasal dari variable bebas dalam penelitian ini. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengendalikan stres kerja adalah 1) membina komunikasi interpersonal dalam keseharian di tempat kerja yang akan membantu mengurangi berbagai aspek yang menghambat pekerjaan sehingga menciptakan kepuasan kerja serta dapat mencegah budaya kerja yang buruk, beban kerja yang meningkat dan stres kerja yang berkepanjangan 2) perlu diadakannya workshop mengenai dukungan perusahaan terhadap customer service, pelatihan manajemen emosi, efikasi diri untuk menghilangkan stres dan sharing untuk memperkuat kesepahaman antar karyawan. Kata kunci: customer service, komunikasi interpersonal, budaya kerja, beban kerja, kepuasan kerja, stres kerja

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: customer service, komunikasi interpersonal, budaya kerja, beban kerja, kepuasan kerja, stres kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:09
Last Modified: 29 Jul 2021 07:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26368

Actions (login required)

View Item View Item