Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan Pelanggan, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Alfamart (Studi di Alfamart Gang Beo, Demangan Baru, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)

SIMAMORA, HARIANTO (2020) Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan Pelanggan, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Alfamart (Studi di Alfamart Gang Beo, Demangan Baru, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL-HARIANTO-SIMAMORA.pdf] Text
SKRIPSI-FULL-HARIANTO-SIMAMORA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, pelayan pelanggan,
dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di Alfamart studi di Alfamart Gang Beo, Demangan
Baru, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh konsumen Alfamart. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 160 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan
kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan untuk
menjawab hipotesis adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif kualitas produk
terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3,706 dengan nilai
signifikansi 0,000<0,05; dan koefesien regresi sebesar 0,320, (2) Terdapat pengaruh positif
pelayanan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3,699
dengan nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefesien regresi sebesar 0,315, (3) Terdapat pengaruh
positif promosi terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,999 dengan
nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefesien regresi sebesar 0,197, (4) Terdapat pengaruh positif
kualitas produk, pelayanan pelanggan, dan promosi secara bersama-sama terhadap kepuasan
pelanggan, dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 41,365 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Pelayanan Pelanggan, Promosi, Kepuasan Pelanggan, dan Survei

ABSTRAC
This study aims to determine the effect of product quality, customer service, and
promotion on customer satisfaction in Alfamart studies in Alfamart Gang Beo, Demangan Baru,
Caturtunggal, Kec. Depok, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta. This type of research
used in this study is a survey. The population in this study were all Alfamart consumers. The
sampling technique uses a purposive sampling method with a total sample of 160 people. Data
collection techniques using a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The
data analysis technique used to answer hypotheses is multiple regression.
The results of this study indicate that: (1) There is a positive influence on product quality
on customer satisfaction, as evidenced by the t value of 3.706 with a significance value of 0.000
<0.05; and regression coefficient of 0.320, (2) There is a positive influence of customer service
on customer satisfaction, as evidenced from the t value of 3.699 with a significance value of
0.000 <0.05; and regression coefficient of 0.315, (3) There is a positive influence of promotion
on customer satisfaction, as evidenced by the t value of 2.999 with a significance value of 0.000
<0.05; and regression coefficient of 0.197, (4) There is a positive influence on product quality,
customer service, and promotion together on customer satisfaction, evidenced from the
calculated F value of 41,365 with a significance value of 0,000 <0.05.
Keywords: Product Quality, Customer Service, Promotion, Customer Satisfaction, and Surveys

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Pelayanan Pelanggan, Promosi, Kepuasan Pelanggan, dan Survei
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:57
Last Modified: 10 Mar 2023 02:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23841

Actions (login required)

View Item View Item