DOMINASI ANTARA KEUNGGULAN MEREK DENGAN COUNTRY OF ORIGIN TERKAIT PERILAKU KONSUMEN GENERASI Z (Studi pada merek MINISO di Yogyakarta)

Ardiyanti, Eva Widi (2020) DOMINASI ANTARA KEUNGGULAN MEREK DENGAN COUNTRY OF ORIGIN TERKAIT PERILAKU KONSUMEN GENERASI Z (Studi pada merek MINISO di Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK Indonesia & Inggris.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK Indonesia & Inggris.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of 5.-SKRIPSI-EVA-WIDI-FULL.pdf] Text
5.-SKRIPSI-EVA-WIDI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MINISO merupakan merek yang sedang booming di kalangan anak muda,
terutama Generasi Z. MINISO merupakan merek yang diklaim berasal dari
Jepang. Namun di awal kemunculannya, ada beberapa pihak yang mengatakan
bahwa MINISO bukan merek Jepang, melainkan dari China. Hal ini berkaitan
dengan konsep country of origin atau negara asal. Di sisi lain, keunggulan merek
MINISO merupakan hal yang membuat merek ini banyak disukai. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dominasi antara keunggulan merek dengan
country of origin terkait perilaku konsumen Generasi Z pada merek MINISO di
Yogyakarta dan untuk mengetahui perbedaan perilaku konsumen antara
konsumen laki-laki dengan perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif yang menggunakan wawancara mendalam dan observasi
partisipatif sebagai teknik pengumpulan data. Kajian perilaku konsumen akan
digunakan untuk membantu menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa country of origin dan keunggulan merek
memiliki peranan penting dalam memilih sebuah merek. Namun bagi informan
pada penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan merek dari MINISO lebih
mendominasi. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal terkait keunggulan merek
MINISO yang menjadi alasan mengapa informan memilih merek ini, yaitu desain
produknya, harga produknya, kualitas produk, juga vibes dan lokasi store
MINISO. Kemudian, terdapat perbedaan antara konsumen laki-laki dan
perempuan. Hal ini bisa dilihat dari perilaku konsumen dari keduanya. Konsumen
laki-laki cenderung rasional, sedangkan konsumen perempuan cenderung
irasional.
Kata-kata Kunci: country of origin, keunggulan merek, Generasi Z, MINISO

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:42
Last Modified: 14 Feb 2023 01:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22005

Actions (login required)

View Item View Item