Djenawa, Andi Rifaldi (2020) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERHOTELAN DI KOTA KUPANG. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
Kover JudulPENGARUH SPMTERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PERHOTELAN DI KOTA KUPANG.pdf Download (108kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_ANDI RIFALDI DJENAWA_142140079_FEB_JUR AKT UPNVY Kumpul.pdf Download (39kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK SKRIPSI_ANDI RIFALDI DJENAWA_142140079_FEB_JUR AKT UPNVYK.pdf Download (81kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_ANDI RIFALDI DJENAWA_142140079_FEB_JUR AKT UPNVYK.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Pengaruh Sistem
Pengendalian Manajemen (SPM) Terhadap Kinerja Perusahaan Perhotelan di
Kota Kupang dengan menggunakan Balanced Scorecard (BSC) sebagai alat ukur
kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui pengujian
hipotesis (hypothesis testing) dengan melakukan pengujian hubungan terhadap
semua variabel yang diteliti (causal research). Penelitian ini merupakan studi
empiris yang dilakukan menggunakan data primer secara cross-section, untuk
menguji hubungan direct (hubungan langsung) SPM dengan Kinerja Industri
perhotelan di Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer
seluruh perusahaan perhotelan yang beroperasi di Kota Kupang. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data interval yang disusun melalui jawaban
skala likert 1 – 4 setiap item kuisioner penelitian. Sementara sumber data yang
digunakan adalah data primer, yakni data yang diperoleh peneliti secara langsung
menggunakan kuisioner terkait variabel-variabel penelitian. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari Gani dan Jermias (2010) dan
Lukman Lo (2014) terkait Sistem Pengendalian Manajemen yang diukur dengan
menggunakan 6 indikator. Tiap-tiap indikator yang diuji adalah evaluasi kinerja,
kompensasi, komunikasi, resolusi konflik, komitmen, dan produk dan kebijakan
pasar. Penelitian ini mengambil responden manajer atau setingkat manajer di kota
kupang.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis secara statistik, maka
dapat disimpulkan bahwa, terdapat dua hipotesis yang lolos dalam penelitian ini,
yakni: 1)Variabel Komunikasi secara statistik berpengaruh terhadap Kinerja
Industri perhotelan Kota Kupang. 2) Produk dan Kebijakan Pasar secara statistik
berpengaruh terhadap Kinerja Industri perhotelan Kota Kupang.
Sementara keempat hipotesis lainnya memberikan hasil yang tidak
signifikan: 3) Evaluasi Kinerja secara statistik tidak berpengaruh terhadap Kinerja
Industri perhotelan Kota Kupang. 4) Kompensasi secara statistik tidak
berpengaruh terhadap Kinerja Industri perhotelan Kota Kupang. 5) Komitmen
secara statistik tidak berpengaruh terhadap Kinerja Industri perhotelan Kota
Kupang. 6) Resolusi Konflik secara statistik tidak berpengaruh terhadap Kinerja
Industri perhotelan Kota Kupang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Nurul Alifah Rahmawati |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 02:22 |
Last Modified: | 10 Jan 2020 02:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |