STUDI SEMIOTIKA REPRESENTASI WANITA MUSLIM DALAM IKLAN TELEVISI REJOICE HIJAB 3IN1 AKU #HIJABISA

Ifkal, Muhammad (2019) STUDI SEMIOTIKA REPRESENTASI WANITA MUSLIM DALAM IKLAN TELEVISI REJOICE HIJAB 3IN1 AKU #HIJABISA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (980kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Iklan merupakan salah satu media komunikasi yang bertujuan
mempromosikan barang atau produk tertentu. Dewasa ini mulai bermunculan iklan
produk yang menampilkan wanita berhijab, karena produk tersebut dikhususkan
untuk wanita berhijab. Salah satunya iklan Rejoice Hijab 3in1 Aku #Hijabisa selain
bertujuan untuk mempromosikan produk dan juga untuk kampanyekan dorongan
pengunaan hijab. Iklan mengkampanyekan kalau pakai hijab tidak akan panas dan
masih bisa tetap aktif. Agar pesan yang akan disampaikan mudah dicerna dan
dimengerti oleh masyarakat, iklan menampilkan wanita dengan berbagai gambaran
wanita muslim. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui, menjelaskan, memahami
makna representasi wanita muslim dalam iklan televisi shampo Rejoice Hijab 3in1
Aku #Hijabisa. Metode penelitian ini mengunakan analisis semiotika teori Roland
Barthes dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Berdasarkan
hasil analisis yang telah dilakukan peneliti, diketahui makna representasi wanita
muslim, wanita muslim yang terlihat cantik luar dan dalam, wanita muslim yang
santun, wanita muslim yang selalu bersyukur, wanita muslim ingin setara dengan
laki-laki.
Kata kunci: Iklan, Representasi, Semiotika, Wanita Muslim, Rejoice Hijab 3in1

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:54
Last Modified: 08 Oct 2019 03:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21542

Actions (login required)

View Item View Item