RESEPSI PENONTON TERHADAP TAYANGAN VIDEO #NGOBAM EPISODE 1 JAM BERSAMA DANILLA DI YOUTUBE

Ningrum, Diksy Paramitha (2019) RESEPSI PENONTON TERHADAP TAYANGAN VIDEO #NGOBAM EPISODE 1 JAM BERSAMA DANILLA DI YOUTUBE. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (893kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kehadiran media sosial yang beragam memungkinkan pengguna internet untuk
bebas memilih apa yang mereka ingin gunakan. Salah satu media sosial yang
memiliki pengguna terbanyak di Indonesia adalah Youtube. Youtube merupakan
platform media sosial yang merupakan situs video sharing, yang memungkinkan
para penggunanya untuk mengakses dan berbagi video apa saja. Indonesia
merupakan salah satu negara dengan penetrasi Youtube yang tinggi. Youtube
menyediakan berbagai tayangan dengan konten yang beragam. Salah satunya
adalah tayangan video #NGOBAM Episode 1 Jam Bersama Danilla. Tayangan ini
merupakan tayangan yang kontroversial dan telah mendapatkan lebih dari 3 juta
kali penayangan di Youtube. #NGOBAM Episode 1 Jam Bersama Danilla
merupakan tayangan yang memuat konten yang tidak sesuai dengan norma dan
etika yang berlaku di Indonesia. Dalam penelitian ini, fokus terletak pada analisis
resepsi penonton. Analisis resepsi merupakan salah satu bagian dari studi
mengenai khalayak yang dalam pengkajiannya dilakukan secara mendalam dan
terdapat proses yang aktual dimana wacana media diasimilasikan melalui praktek
wacana dan budaya khalayaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana penonton meresepsi tayangan #NGOBAM Episode 1 Jam Bersama
Danilla. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisis resepsi
secara kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah
teori resepsi dan new media. Subjek pada penelitian ini adalah lima orang
narasumber dengan latar belakang sosial, usia, pekerjaan, dan literasi media yang
berbeda-beda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat dua
pengelompokan narasumber terhadap dua posisi yang berbeda, satu orang
narasumber pada posisi Oppositional dan empat orang narasumber pada posisi
Negotiated. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perbedaan latar belakang
sosial, pekerjaan, dan literasi media mempengaruhi narasumber dalam meresepsi
tayangan #NGOBAM Episode 1 Jam Bersama Danilla.
Kata Kunci: Analisis Resepsi, Pemaknaan Khalayak, Youtube.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:12
Last Modified: 30 Sep 2019 03:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item View Item