TINGKAT KEPUASAN FOLLOWERS FACEBOOK INFO CEGATAN JOGJA (ICJ) DALAM MEMPEROLEH INFORMASI YANG DIBUTUHKAN

ADITYA, RYAN (2019) TINGKAT KEPUASAN FOLLOWERS FACEBOOK INFO CEGATAN JOGJA (ICJ) DALAM MEMPEROLEH INFORMASI YANG DIBUTUHKAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (699kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan untuk dipenuhi di dalam hidupnya,
termasuk kebutuhan akan informasi. Group facebook Info Cegatan Jogja
merupakan akun untuk memenuhi kebutuhan akan informasi informasi cegatan,
bantuan, pengumuman, SIM keliling, info kehilangan, kecelakaan, kebakaran,
kriminalitas, maling, penipuan, himbauan, baksos ICJ, inspirasi, donasi hingga
suara masyarakat dari Jogja dan sekitarnya. Dalam akun ICJ pilihan informasi
yang ditawarkan membuat seseorang termovasi untuk bergabung dalam group
ICJ. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gratification sought,
gratification obtained followers dan besarnya kepuasan Komunitas Info Cegatan
Jogja. Metode penelitian ini adalah metodologi riset kuantitatif deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah followers ICJ. Teknik sampling yang
digunakan adalah proportionate random sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 100 followers ICJ. Teknik analisis data menggunakan analisis Mean.
Hasil analisis nilai gratification sought followers Komunitas Info Cegatan Jogja
yang paling besar dicari oleh responden adalah kebutuhan kognitif dengan skor
mean 4.03, dibawahnya kebutuhan afektif skor mean 3,81, kebutuhan integratif
sosial dengan skor mean 3,47, kemudian kebutuhan pelarian dengan skor mean
3,88 dan yang paling rendah kebutuhan integratif personal dengan skor mean
sebesar 3,36. Nilai gratification obtained followers Komunitas Info Cegatan Jogja
terpuaskan oleh kategori kepuasan afektif dengan nilai mean sebesar 3,96,
selanjutnya kepuasan kognitif dengan nilai mean sebesar 3,80, selanjutnya
kepuasan integratif personal dengan nilai mean sebesar 3,66, selanjutnya kepuasan
pelarian dan integratif sosial dengan nilai mean yang sama masing-masing sebesar
3,61 dan merupakan yang paling rendah. Secara keseluruhan Grup Facebook Info
Cegatan Jogja telah memuaskan khalayak. Kebutuhan yang diperoleh lebih kecil
daripada kebutuhan yang diinginkan khalayak, dengan kata lain khalayak merasa
puas setelah mengikuti Grup Facebook Info Cegatan Jogja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, group Facebook, Info Cegatan Jogja
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 06:56
Last Modified: 20 Sep 2019 06:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21152

Actions (login required)

View Item View Item