Yudhanto, Eras Setyo (2019) ANALISIS DESKRIPTIF KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KOMUNITAS BREGADA DIPOYUDHANTO DENGAN MITRA WEDDING ORGANIZER (STUDI KASUS PENYEDIA JASA CUCUK LAMPAH PERNIKAHAN ADAT JAWA). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (120kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
Preview |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (838kB) | Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (14kB) |
|
Text
FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Salah satu tren pernikahan Adat Jawa yang sedang ramai dikenal di kalangan
masyarakat adalah Prajurit atau Bregada. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir jasa
layanan prajurit sangat ramai dibutuhkan oleh masyarakat terutama untuk acara-acara
pernikahan dan acara resmi lainnya. Dapat diamati bahwa ada pergeseran fungsi
prajurit yang dahulu hanya dimiliki oleh Keraton kini berkembang secara swadaya
dikalangan masyarakat Yogyakarta. Pasukan prajurit kini kian dikenal luas termasuk
dalam proses upacara Cucuk Lampah dalam Adat Jawa. Berdasarkan fenomena ini,
peluang bisnis di jasa layanan penyedia prajurit makin diminati untuk acara
pernikahan maupun acara-acara resmi lainnya. Di samping itu belum banyak para
pelaku usaha yang bersaing di bidang penyedia jasa prajurit seperti Prajurit Jogja.
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi proses komunikasi interpersonal
sekaligus hambatan-hambatan dalam proses negosiasi antara Manajer Komunitas
Bregada Dipoyudhanto dengan mitra wedding organizer. Adapun penelitian ini
bersifat kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi
deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan
obervasi. Dari pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa komunikasi
interpersonal yang terjalin antara Komunitas Bregada Dipoyudhanto dan mitra
wedding organizer cukup efektif. Ini terlihat dari wedding organizer
merekomendasikan jasa Prajurit Jogja ke teman atau kerabat mereka atau dikenal
dengan istilah word of mouth. Meskipun demikian, ada pula hambatan-hambatan
yang muncul dalam proses komunikasi interpersonal dikarenakan kondisi setiap
konsumen yang berbeda serta beberapa faktor yang bersifat teknis dan non teknis
terjadi selama proses komunikasi berlangsung. Oleh karena itu, pendekatan
interpersonal diperlukan dalam membangun proses komunikasi proses antara
Komunitas Bregada Dipoyudhanto dengan mitra wedding organizer agar tercapai
tujuan akhir komunikasi seperti yang diharapkan.
Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Pemasaran, Prajurit Jogja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Pemasaran, Prajurit Jogja |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 08:02 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/21103 |
Actions (login required)
View Item |