Raynaldi H, Zulham (2019) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID PAUD DALAM PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK SHOLEH SEJAK DINI DI PAUD AL – BAROKAH CELEBAN BARU YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (202kB) | Preview |
Preview |
Text
Hal Pengesahaan.pdf Download (235kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (91kB) | Preview |
Text
Skripsi-full Zulham Raynaldi H.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi-full Zulham Raynaldi H.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Komunikasi antarpribadi juga dapat merubah sikap dan tingkah laku murid. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas anak didik sejak usia dini. Pendidikan dalam ajaran Islam ditambahkan supaya menjadi anggota masyarakat yang berguna dan insan yang shaleh di dalam kehidupan ini, sehingga diharapkan anak tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual saja, tetapi memiliki kecerdasan emosional dan utamanya kecerdasan spiritual yang selalu menjaga perkembangan dirinya dengan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan, serta hubungan baik antara manusia dengan Tuhan-Nya, dan juga hubungan baik antar sesama manusia lainnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana komunikasi yang terjalin anara guru dn murid Pad Albarokah dalam pembentukan karakter anak sholeh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pembentukan karakter anak di PAUD Al-Barokah Yogyakarta, faktor - fakor yang mendukung dan menghambat dalam proses pembentukan karakter anak Sholeh serta bagaimana strategi dalam membentuk karakter anak sholih. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar mengajar dan komunikasi interpersonal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter anak sholeh yang diterapkan di PAUD Al Barokah melalui strategi keteladanan, pembiasaan, nasehat dan cerita atau kisah. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat adalah penerapan komunikasi yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal serta komunikasi interpersonal antara orang tua dan guru. Komunikasi interpersonal menggunakan pendekatan humanistik menekankan pada keterbukaan, empati, sikap mendukung, dan kualitas-kualitas lain yang menciptakan interaksi yang bermakna, jujur.
Kata kunci : komunikasi interpersonal, PAUD, Karakter, Anak Sholi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 03:26 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 04:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18973 |
Actions (login required)
View Item |