PERUMUSAN STRATEGI BISNIS UD. BONI JAYA SITUBONDO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATRIK GENERAL ELECTRIC (GE)

ESTUPUTRI, DINDA (2019) PERUMUSAN STRATEGI BISNIS UD. BONI JAYA SITUBONDO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATRIK GENERAL ELECTRIC (GE). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 7 ABSTARK.pdf]
Preview
Text
7 ABSTARK.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 8 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
8 DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi bisnis merupakan sebuah elemen penting yang harus dimiliki
oleh perusahaan bisnis supaya perusahaan memiliki keunggulan bersaingan dan
dapat memenangkan persaingan sekaligus untuk mempertahankan
keberlangsungan hidup perusahaan. UD. Boni Jaya adalah perusahaan yang
bergerak dalam industri jagung pipil di Situbondo. UD. Boni Jaya mengalami
penurunan penjualan yang drastis dari tahun ke tahun, sedangkan industri jagung
pipil di Situbondo sedang berkembang atau meningkat. Hal ini membuat UD.
Boni Jaya sangat membutuhkan strategi bisnis yang tepat untuk bersaing dalam
industri yang diprediksi akan menguntungkan dimasa depan.
Hal ini yang mendasari peneliti untuk melakukan perumusan strategi
bisnis yang dapat digunakan oleh UD. Boni Jaya. Perumusan strategi bisnis dibuat
untuk memberikan beberapa rekomendasi formulasi strategi bisnis untuk UD.
Boni Jaya dengan mengindetifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja
UD. Boni Jaya, baik dari sisi dalam perusahaan (intern) atau dari sisi luar
perusahaan (ekstern)
Dalam melakukan perumusan strategi bisnis, peneliti menggunakan
model Matrik General Electric (GE). Matrik General Electric (GE) juga biasa
disebut sebagai matrik McKinsey. Matrik General Electric (GE) memiliki dua
variabel utama yaitu Industry Attractiveness (Daya Tarik Industri) dan
Competitive Strength (Kekuatan Bersaing). Kedua variabel tersebut didasari oleh
beberapa indikator. Pada variabel Industry Attractiveness (Daya Tarik Industri)
terdapat 7 indikator. Kemudian, untuk variabel Competitive Strength (Kekuatan
Bersaing) memiliki 8 indikator. Indikator-indikator tersebut dinyatakan sah dan
valid berdasarkan uji triangulasi melalui 3 sumber yaitu observasi, wawancara (indepth
interview), dan dokumentasi.
Hasil dari perhitungan Matrik General Electric (GE), UD. Boni Jaya
berada posisi kuadran 2 yaitu “Grow and Build”. Hal ini menunjukkan bahwa
UD. Boni Jaya dalam posisi high priority for investmen Berdasarkan posisi
tersebut UD. Boni Jaya memiliki beberapa alternatif strategi yaitu pertumbuhan
segmen, investasi, dan positioning.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Formulasi Strategi, Matrik General Electric
(GE)

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Mar 2019 01:55
Last Modified: 19 Mar 2019 01:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item