PERUMUSAN STRATEGI BISNIS UD. BONI JAYA SITUBONDO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATRIK GENERAL ELECTRIC (GE)

ESTUPUTRI, DINDA (2019) PERUMUSAN STRATEGI BISNIS UD. BONI JAYA SITUBONDO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATRIK GENERAL ELECTRIC (GE). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7 ABSTARK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi bisnis merupakan sebuah elemen penting yang harus dimiliki oleh perusahaan bisnis supaya perusahaan memiliki keunggulan bersaingan dan dapat memenangkan persaingan sekaligus untuk mempertahankan keberlangsungan hidup perusahaan. UD. Boni Jaya adalah perusahaan yang bergerak dalam industri jagung pipil di Situbondo. UD. Boni Jaya mengalami penurunan penjualan yang drastis dari tahun ke tahun, sedangkan industri jagung pipil di Situbondo sedang berkembang atau meningkat. Hal ini membuat UD. Boni Jaya sangat membutuhkan strategi bisnis yang tepat untuk bersaing dalam industri yang diprediksi akan menguntungkan dimasa depan. Hal ini yang mendasari peneliti untuk melakukan perumusan strategi bisnis yang dapat digunakan oleh UD. Boni Jaya. Perumusan strategi bisnis dibuat untuk memberikan beberapa rekomendasi formulasi strategi bisnis untuk UD. Boni Jaya dengan mengindetifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UD. Boni Jaya, baik dari sisi dalam perusahaan (intern) atau dari sisi luar perusahaan (ekstern) Dalam melakukan perumusan strategi bisnis, peneliti menggunakan model Matrik General Electric (GE). Matrik General Electric (GE) juga biasa disebut sebagai matrik McKinsey. Matrik General Electric (GE) memiliki dua variabel utama yaitu Industry Attractiveness (Daya Tarik Industri) dan Competitive Strength (Kekuatan Bersaing). Kedua variabel tersebut didasari oleh beberapa indikator. Pada variabel Industry Attractiveness (Daya Tarik Industri) terdapat 7 indikator. Kemudian, untuk variabel Competitive Strength (Kekuatan Bersaing) memiliki 8 indikator. Indikator-indikator tersebut dinyatakan sah dan valid berdasarkan uji triangulasi melalui 3 sumber yaitu observasi, wawancara (indepth interview), dan dokumentasi. Hasil dari perhitungan Matrik General Electric (GE), UD. Boni Jaya berada posisi kuadran 2 yaitu “Grow and Build”. Hal ini menunjukkan bahwa UD. Boni Jaya dalam posisi high priority for investmen Berdasarkan posisi tersebut UD. Boni Jaya memiliki beberapa alternatif strategi yaitu pertumbuhan segmen, investasi, dan positioning. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Formulasi Strategi, Matrik General Electric (GE)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Mar 2019 01:55
Last Modified: 19 Mar 2019 01:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item