Puspitasari, Dea Garin (2018) PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) DI TELEVISI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT (Survei ILM “Imunisasi Massal Campak dan Rubella” dalam Menanggapi Imunisasi Measles and Rubella di Perumahan Purwomartani Kalasan). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (275kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar isi.pdf Download (179kB) | Preview |
Preview |
Text
Pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Iklan layanan masyarakat digunakan untuk mempromosikan program atau
kegiatan yang diadakan oleh pemerintah atau digunakan oleh organisasi
kemasyarakatan yang berfungsi untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya
adalah iklan layanan masyarakat “Imunisasi Massal Campak dan Rubella” yang
tayang di televisi. Iklan ini merupakan suatu ajakan untuk masyarakat agar
mengikuti Imunisasi MR (Measles and Rubela) yang berguna untuk mencegah
terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella (campak
Jerman). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perubahan
perilaku yang positif dan signifikan pada masyarakat khususnya ibu rumah tangga
di perumahan Purwomartani setelah mendapatkan terpaan dari iklan tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah
metode survei yang mengambil sampel sebanyak 35 responden di perumahan
Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan
adalah Korelasi Product Moment dan Regresi Linier Sederhana, dengan bantuan
SPSS (Statistical Package for Social Science) for windows version 20.0 yang
bertujuan untuk mengetahui setiap butir yang diajukan kepada responden valid.
Hasil penelitian menggunakan product moment disimpulkan bahwa pengaruh
terpaan iklan layanan masyarakat “Imunisasi Massal Campak dan Rubella”
terhadap perubahan perilaku pada masyarakat masuk kedalam kategori tingkat
hubungan yang “kuat”. Setelah dilakukan uji signifikansi maka diperoleh
kesimpulan bahwa adanya hubungan antara pengaruh terpaan iklan layanan
masyarakat “Imunisasi Massal Campak dan Rubella” (X) terhadap perubahan
perilaku masyarakat dalam menanggapi Imunisasi MR (Y). Iklan layanan
masyarakat mampu mempengaruhi 48,7% dan sisanya 51,3% perubahan perilaku
masyarakat dalam menanggapi Imunisasi MR dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : terpaan iklan layanan masyarakat, perubahan perilaku, campak dan
rubella, Imunisasi MR.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 06 Feb 2019 02:17 |
Last Modified: | 06 Feb 2019 02:17 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |