Putri, Debi TryMulya (2018) POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN ANAK AUTISM TINGKAT ASPERGER SYNDROME (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Guru Dengan Anak Autism tingkat Asperger Syndrome di Sekolah Khusus Authis Taruna Al-Qur’an ). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK debi.pdf Download (10kB) | Preview |
Preview |
Text
cover debi.pdf Download (21kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar isi debi.pdf Download (10kB) | Preview |
Preview |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan
manusia, termasuk komunikasi antara guru dengan murid di sekolah. Pada
umumnya komunikasi yang digunakan berupa verbal/lisan agar dapat dimengerti
antara kedua belah pihak. Autism Asperger Syndrome adalah hambatan
berinteraksi timbal balik dengan lingkungannya. Jika seseorang mengalami
hambatan dalam berinteraksi dan berkomunikasi, diyakini orang tersebut akan
mengalami hambatan ketika belajar. Berdasarkan hal tersebut di dapatkan
rumusan masalah yaitu Bagaimana Pola Komunikasi Anak Autism Asperger
Syndrome dengan guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan Pola Komunikasi Guru dengan Anak Autism Asperger
Syndrome di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an. Adapun metode yang
digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori interaksi
simbolik dan interpersonal dapat diterapkan dalam komunikasi anak penyandang
asperger syndrome dalam semua tingkatan yang di alami. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa penyandang autism asperger syndrome menggunakan tiga
jenis komunikasi, yaitu komunikasi satu arah, komunikasi dua arah dan
komunikasi multi arah. Pola komunikasi yang digunakan dalam berinteraksi
tergantung pada tingkatan asperger syndrome. Pola komunikasi yang tepat dapat
mempengaruhi interaksi sosial anak. Hambatan yang di dapatkan saat
berkomunikasi antara guru dan murid seperti mencari cara yang kreatif untuk
mencairkan suasana hati anak ketika sedang tantrum.
Kata kunci : komunikasi, asperger syndrome, pola komunikasi, metode
komunikasi, hambatan komunikasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 02:27 |
Last Modified: | 12 Dec 2018 02:27 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |