STRATEGI CUSTOMER RELATIONS GARDA DEPAN PT. ASELI DAGADU DJOKDJA DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA

Wredaningsih, Cecelia Dwi (2018) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS GARDA DEPAN PT. ASELI DAGADU DJOKDJA DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (771kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

PT. Aseli Dagadu Djokdja merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kreatif yang berdiri sejak tahun 1994. Eksistensinya sampai saat ini tak lepas dari jasa pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Garda Depan merupakan sebutan bagi karyawan perusahaan yang bertugas melayani konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Customer Relations (hubungan pelanggan) yang digunakan oleh Garda Depan PT. Aseli Dagadu Djokdja. Konsep yang digunakan adalah Face Negotiation Theory (teori negosiasi wajah) dan Customer Relations Management (CRM). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan pengamatan lapangan.Hasil penelitian menemukan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan oleh Garda Depan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen, yaitu 1) adanya door man dan greeting, 2) Garda Depan memposisikan diri sebagai teman bagi konsumen, 3) penggunaan empat kata sakti (permisi, tolong, maaf, terima kasih), 4) penggunaan seragam, dan 5) atribut berpakaian. Dari kelima strategi tersebut, adanya door man dan greeting merupakan bukti fisik dari pelayanan yang diberikan oleh Garda Depan PT. Aseli Dagadu Djokdja yang mungkin tidak akan dijumpai konsumen ketika berbelanja produk cinderamata di tempat lain. Penggunaan empat kata sakti merupakan pedomankesopanan yang digunakan dalam melayani konsumen agar konsumen merasa dihargai dan dilayani dengan rasa hormat. Pedoman kesopanan, seragam, dan atribut berpakaian mendukung penerapan teori negosiasi wajah untuk memperoleh gambaran diri atau citra perusahaan dalam menjalin hubungan dengan konsumen. Penampilan dan pembawaan diri masing-masing individu Garda Depan berhasil menjadi representasi perusahaan untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen.
Kata kunci: Garda Depan, melayani konsumen, pelayanan prima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:30
Last Modified: 29 Aug 2023 02:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16786

Actions (login required)

View Item View Item