STUDI FENOMENOLOGI MENGENAI KONSUMSI PESAN AUDIENS INSTAGRAM DARI HASIL FILTER BUBBLE MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Mustikaningtyas, Dhyah (2018) STUDI FENOMENOLOGI MENGENAI KONSUMSI PESAN AUDIENS INSTAGRAM DARI HASIL FILTER BUBBLE MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Melihat banyak sekali masyarakat yang dengan mudahnya mempercayai kebenaran
sebuah informasi hanya melalui satu media saja dan aktivitas penggunaan media
sosial Instgram yang semakin intens pada penggunanya, temuan pesan dan
informasi yang selalu sama yang diterima oleh audiens Instagram yang membuat
pengguna semakin nyaman sebenarnya adalah hasil dari gelembung bias atau filter
bubble media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan studi fenomenologi. Studi fenomenologi merupakan penelitian yang
berfokus pada pengalaman subjek mengenai sebuah fenomena yang kemudian
mengkonstruksi makna atau tindakan lain. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana proses penggunaan dan penerimaan pesan audiens
Instagram dari hasil filter bubble media sosial Instagram. Dari penelitian ini
ditemukan kedelapan informan sepakat media sosial instgram adalah media baru
yang efektif penggunaannya, tiga informan yang menjadi bergantung kepada satu
media untuk dijadikan media penerimaan informasi dan lima informan yang
menggunakan banyak media untuk mengetahui kebenaran sebuah informasi, filter
bubble sebagai switche yang dihasilkan oleh programmer dalam hal ini algoritma
yang diterapkan pada media sosial Instagram yang sengaja dibuat dan ditawarkan
kepada pengguna membentuk kekuatan baru untuk kemudian mengarahkan kepada
pengguna yang akhirnya memberikan dampak ketergantungan bagi penggunanya
ketika tidak memahami bagaimana fungsi dan tujuan dari menggunakan media
sosial.
Kata Kunci: Studi Fenomenologi, Media Sosial, Instagram, Filter Bubble

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:49
Last Modified: 12 Sep 2018 03:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16350

Actions (login required)

View Item View Item