Ramlie, M. Iqra’ (2018) ANALISIS PENGARUH ELEMEN IKLAN TELEVISI TERHADAP BRAND IMAGE SHAMPO PANTENE ANTI DANDRUFF RALINE SHAH” (Studi Pada Pelanggan Pamela Enam Jalan Raya Candi Gebang, Condong Catur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
Cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
Abstraksi.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI M. Iqra’ Ramlie, Nomor Induk Mahasiswa 152130046, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta, Judul penelitian “Analisis Pengaruh Elemen Iklan Televisi terhadap Brand Image” (Studi pada Pelanggan Pamela 6 Jalan Raya Candi Gebang Depok, Sleman, Yogyakarta), 2018. Dosen Pembimbing I Susanta dan Dosen Pembimbing II Suratna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Heard words and Sound Effect, Music, Seen Words, Picture, Colour, dan Movement terhadap Brand Image. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode explanatory research dan sumber data primer. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Pamela 6 Jalan Raya Candi Gebang, Depok, Sleman Yogyakarta yang pernah menyaksikan iklan Shampo Pantene 2in1 Anti Daindruff. Ukuran sampel sebanyak 69 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial meliputi analisis regresi berganda. Uji hipotesis menggunakan uji f dan uji t dengan taraf signifikansi 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Heard words and Sound Effect, Music, Seen Words, Picture, Colour, dan Movement berpengaruh signifikan terhadap Brand Image (Fhitung 46,873 > Ftabel 1,82). Variabel Heard words and Sound Effect berpengaruh signifikan terhadap Brand Image (thitung 5,162 > ttabel 1,671). Variabel Music berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Brand Image (thitung 0,700 < ttabel 1,671). Variabel Seen Words berpengaruh signifikan terhadap Brand Image (thitung 4,975 > ttabel 1,671). Variabel Picture berpengaruh signifikan terhadap Brand Image (thitung 7,655 > ttabel 1,671). Variabel Colour berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Brand Image (thitung 0,936 < ttabel 1,671) dan variabel Movement berpengaruh signifikan terhadap Brand Image (thitung 2,444 > ttabel 1,671). Berdasarkan penelitian ini, yang harus dilakukan PT. P&G sebagai produsen shampo Pantene adalah meningkatkan kualitas suara dalam iklan shampo Pantene. Menggunakan musik yang dikenal oleh khalayak umum dalam iklan, sehingga musik yang digunakan mudah dikenali oleh pemirsa televisi. Memperjelas serta memperbesar huruf/kata-kata yang ditampilkan dalam iklan sehingga pemirsa televisi mudah membaca huruf/kata-kata yang ditampilkan dalam iklan televisi. Menggunakan bintang iklan yang lebih cantik dan berkredibiltas sehingga mampu memperkuat rasa percaya pemirsa televisi pada produk shampo Pantene. Menggunakan warna yang padu dalam sisi visual iklan sehingga dapat merangsang emosi pemirsa televisi dan memperunik adegan yang ditampilkan dalam iklan shampo Pantene, sehingga mampu tertanam dibenak pemirsa televisi. Kata kunci: Heard words and Sound Effect, Music, Seen Words, Picture, Colour, Movement dan Brand Image.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 01:49 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 01:49 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15653 |
Actions (login required)
View Item |