DACONCEICAO, OLINDA (2018) ANALISIS PENGARUH ALIANSI STRATEGI TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Kasus : di UMKM di Wilayah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewah Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (222kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (419kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aliansi strategi terhadap keunggulan
kompetitif pada usaha mikro, kecil, dan menengahdi wilayah Kabupaten Kulon Progo,
Daerah Istimewah Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh UMKM yang
beraliansi di Kabupaten Kulon Progo yang bergerak dibidang handicraft, batik, gula
kelapa/semut. Jumlah sampel penelitian sebanyak 200 responden yaitu UKM di
Kabupaten Kulon Progo yang bergerak dibidang handicraft, batik, dan gula kelapa/semut.
Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan instrumen penelitian berupa
kuesioner. Analisis data penelitian meliputi analisis deskriptif dan analisis kuantitatif
menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM), dengan menggunakan
bantuan software AMOS(Analysis Of Moment Structure).Kesimpulan penelitian ini
adalah: 1) Aliansi strategi terbukti memberikan pengaruh yang signifikan dan positif
terhadap keunggulan kompetitif; 2) Aliansi strategi terbukti memberikan pengaruh yang
signifikan dan positif terhadap kemampuan kombinasi sumber daya; 3) Aliansi strategi
tidak terbukti memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kemampuan
peningkatan pasar; 4) Aliansi strategi tidak terbukti memberikan pengaruh yang
signifikan dan positif terhadap Aliansi strategi tidak terbukti memberikan pengaruh yang
signifikan dan positif terhadap kemampuan peningkatan pasar; 5) Keunggulan terbukti
memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kecepatan proses transaksi; 6)
Keunggulan terbukti memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap
keunggulan biaya proses transaksi; 7) Keunggulan terbukti memberikan pengaruh yang
signifikan dan positif terhadap fokus pada konsumen.
Kata Kunci : UMKM, Aliansi Strategi, Keunggulan Kompetitif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 08:23 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 08:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |