TASIN, DAVID CHRISTIAN (2017) MASKULINITAS DALAM IKLAN AXE BLACK (Analisis Semiotika Iklan AXE BLACK versi Chicco Jerikho “JADILAH TENANG”). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk. Di antara iklan yang muncul di media massa, terdapat iklan yang menggunakan imaji maskulinitas. Media secara tidak langsung membentuk image ideal bagi laki-laki. Iklan televisi Axe Black menjadi salah satu contoh bagaimana media mengkonstruksi imaji maskulinitas. Penelitian yang berjudul “MASKULINITAS DALAM IKLAN AXE BLACK (Analisis Semiotika Axe Black versi Chicco Jerikho “Jadilah Tenang”)” ini bertujuan untuk mengetahui dan memaknai simbol yang ada dalam iklan tersebut dan bagaimana maskulintas di representasikan dalam iklan televisi terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes yang digunaka untuk menafsirakan tanda maupun simbol yang direpresentasikan dalam iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan gambaran maskulinitas yang lebih bergaya metroseksual, berbeda dengan kebanyakan iklan produk khusus pria yang seringkali menggambarkan laki-laki berotot, kekar, berkeringat. Dalam iklan tersebut makna maskulinitas dikemas dalam penampilan dan style yang modis, rambut tertata rapih, sikap kalem, dan update mengenai gaya hidup terkini. Iklan dengan mahir membuntuk image ideal bagi laki-laki sesuai dengan keinginan pasar melaui penampilan yang menarik, stylis, dan wangi. Image maskulinitas yang di konstruksikan dalam iklan Axe Black menegaskan motif komunikasi informatif yang menyampaikan informasi sekaligus pengetahuan pada khalayak mengenai style dan penampilan dalam kehiduan sehari-hari menjadi salah satu nilai yang kuat. Kata Kunci: Maskulinitas, Semiotika, Iklan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 01:11 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 01:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13185 |
Actions (login required)
View Item |