STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA (Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan pada Obyek Wisata Goa Gong Kabupaten Pacitan)

Adiyoga Pratama, Surya (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA (Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan pada Obyek Wisata Goa Gong Kabupaten Pacitan). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ! COVER.pdf]
Preview
Text
! COVER.pdf

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of ! DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
! DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK SURYA new.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK SURYA new.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of pengesahan.pdf]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Potensi alam Kabupaten Pacitan sedang berkembang. Jalan lintas selatan
membuka minat wisatawan ke destinasi wisata. Potensi pariwisata Kabupaten
Pacitan yaitu Gua Gong berpredikat sebagai gua terindah se-Asia Tenggara.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi komunikasi pemasaran Dinas
Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan dalam
meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada obyek wisata Gua Gong, (2)
faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini termasuk penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian di Dinas Kebudayaan
Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan dan Gua Gong pada bulan
Juli 2017. Data penelitian berupa hasil wawancara dan dokumentasi. Penelitian
menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) strategi yang
dilakukan yaitu strategi informasi dan strategi pelayanan. Strategi informasi
melalui bauran promosi meliputi menyediakan leaflet, booklet, video, pamphlet,
baliho, banner, penunjuk arah menuju obyek, radio, televisi web
(www.pacitantourism.net) dan media sosial seperti blog, facebook, twitter,
Instagram, whatsApp, dan aplikasi Go Pacitan, pameran, roadshow/workshop,
lomba foto dan kegiatan budaya, pertemuan rutin KAPAMA, KP3, dan Geologi,
studi banding ke China, kerjasama travel agent dan tour guide, serta adanya
Tourist Information Center (TIC). Strategi pelayanan dengan menyediakan ojek,
bonus paket wisata bekerjasama dengan travel agent dan tour guide, gratis tiket
pada rombongan yang terdiri dari 10 orang akan mendapatkan 1 tiket gratis,
memyediakan paket oleh-oleh akik dan wisata kuliner lokal, dan
mengintegrasikan wisata Gua Gong dengan Pantai Klayar. 2) Faktor pendukung
menjadi bagian Geopark Dunia, gua terindah se-Asia Tenggara, terdapat potensi
masyarakat lokal seperti oleh-oleh batu akik dan wisata kuliner lokal, terintegrasi
dengan Pantai Klayar, dan menghasilkan foto yang indah. Faktor penghambat
tidak adanya fentilasi yang baik, belum ada fasilitas pendukung yang memadai,
belum ada kreativitas dalam mengelola Gua Gong.
Kata kunci : strategi komunikasi pemasaran, dinas, pariwisata, gua gong

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:23
Last Modified: 04 Oct 2017 03:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13170

Actions (login required)

View Item View Item