STRATEGI KAMPANYE MELALUI MEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM (Studi Kasus Strategi Pemenangan Pasangan Anies-Sandi pada Pilkada DKI Jakarta 2017)

SULMAIHATI, FARIHA (2017) STRATEGI KAMPANYE MELALUI MEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM (Studi Kasus Strategi Pemenangan Pasangan Anies-Sandi pada Pilkada DKI Jakarta 2017). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah dilakukan selama lima tahun sekali. Pada Tanggal 19
Februari 2017 Pilkada serentak dilakukan di 101 daerah di Indonesia. Salah satunya
Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Terdapat tiga kandidat yang akan menduduki
jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, salah satunya adalah
Anies Baswedan dan Sandiga Uno yang memiliki nomer urut tiga. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Tim Pemenangan Anies-
Sandi pada kampanye melaui media sosial di instagram. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif, yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk menganalisa data dengan menggunakan
analisis kualitatif berupa uraian dan penjelasan secara deskriptif. Teknik keabsahan
data menggunakan triangulasi. Dalam penelitian ini terdapat tiga narasumber yang
diwawancarai, yaitu Tim Sukses Anies-Sandi, ahli komunikasi politik, dan pemilih.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, Tim Pemanangan Anies-Sandi
menggunakan strategi marketing politik, yaitu push marketing, pass marketing, dan
pull marketing. Dari tiga strategi marketing tersebut diimlpementasikan ke dalam
kampanye melalui instagram. Media sosial merupakan salah satu media yang dapat
digunakan sebagai media kampanye. Namun kampanye melalui media sosial
bukanlah sebagai faktor penentu kemenangan. Media sosial khususnya instagram
hanya berfungsi untuk menginformasikan berbagai macam kampanye yang dilakukan
oleh pasangan calon, dan memperkenalkan paslon kepada netizen agar mendapatkan
informasi yang cukup mengenai paslon.
Kata Kunci : Pilkada DKI Jakarta, Strategi Marketing Politik, Media Sosial,
Instagram

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Sep 2017 06:15
Last Modified: 28 Sep 2017 06:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13019

Actions (login required)

View Item View Item