Paramastri, Andhika (2017) PERSEPSI KHALAYAK PADA MEREK CONVERSE (Studi Pada Anggota Komunitas Converse Head Indonesia Region Yogyakarta di Media Sosial Instagram). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
1 cover.pdf Download (127kB) | Preview |
Preview |
Text
2 PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) | Preview |
Preview |
Text
4 abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
Abstract
Kehadiran media sosial Instagram saat ini mempermudahkan dalam menjalin
interaksi dan komunikasi. Media sosial Instagram melahirkan kelompok atau
komunitas-komunitas virtual (online). Dalam suatu komunitas, anggota memiliki satu
kesukaan akan hal yang sama seperti sebuah merek. Pada komunitas online tersebut
terbentuk persepsi mengenai sebuah merek. Tujuan penelitian ini menganalisis
bagaimana persepsi anggota pada merek Converse dalam komunitas Converse Head
Indonesia (CHI) region Yogyakarta di media sosial Instagram dan menganalisis
persepsi anggota tentang merek yang berkaitan dengan faktor pengaruh persepsi pada
6 tingkatan merek serta menganalisis bagaimana persepsi anggota pada produk
Converse palsu pada elemen ekuitas merek. Penelitian ini menggunakan teori Uses and
Gratification, dimana komunitas CHI memilih media Instagram sebagai kebutuhan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode netnography
yaitu metode yang dipakai untuk memahami dunia digital dan online communities.
Teknik pengumpulan data dengan partisipan observer, wawancara dan telaah data
online. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah
dilakukan, dapat diketahui bahwa persepsi anggota komunitas CHI region Yogyakarta
pada merek Converse akan berbeda berdasarkan karakteristik dari masing-masing
anggota. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi yaitu dari faktor fungsional
dimana berasal dari pengalaman masa lalu, kebutuhan dan karakteristik orang itu
sendiri serta faktor strukural yaitu stimulus ketertarikan dari merek Converse sendiri.
Kedua faktor tersebut mempengaruhi persepsi yang muncul pada merek Converse
dengan 6 tingkatan merek (atribut, manfaat, nilai, budaya, kepribadian dan pemakai)
terlihat bahwa merek tersebut dapat memiliki eksistensi yang tinggi dengan bentuk
yang konsisten, sylish, nyaman, memiliki manfaat, nilai, budaya serta menunjukan
gaya hidup dari pemakainya. Persepsi anggota terhadap merek palsu dapat diketauhi
pada 3 elemen ekuitas yaitu kesadaran merek yang tinggi, asosiasi merek dan loyalitas
merek.
Kata kunci : media sosial Instagram, komunitas online, persepsi, merek, ekuitas merek.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media sosial Instagram, komunitas online, persepsi, merek, ekuitas merek. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 04:14 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 06:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12708 |
Actions (login required)
View Item |