ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DENGAN METODE SIX SIGMA PADA RECLAIMER LIMESTONE CEMEN MILL PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK. DI BOGOR

PANGESTI, CITRA PUTRI AYU (2017) ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DENGAN METODE SIX SIGMA PADA RECLAIMER LIMESTONE CEMEN MILL PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK. DI BOGOR. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengendalian mutu pada unit Reclaimer limestone yang dilakukan di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., selama ini dengan cara yang sederhana yaitu menggunakan diagram pareto, dimana informasi yang diperoleh hanya mengidentifikasi jenis cacat yang paling sering terjadi. Berdasarkan pada Unscheduled stop pada bulan November 2016 jumlah waktu stop (DPMO) adalah 8880 menit jika dikonversikan ke level sigma menjadi 3,15 sigma. Sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah meningkatkan level sigma dengan melakukan perbaikan melalui siklus DMAIC. Untuk mencapai tujuan tersebut makan dilakukan analisis menggunakan DPMO, level sigma, diagram ishikawa, voting NGT, penentu faktor dominan, diagram pareto, pemilihan solusi perbaikan dan pelaksanaan perbaikan. Dimana hasil jumlah waktu stop (DPMO) setelah perbaikan sebesar 0,5 detik sehinggal level sigma yang dicapai menjadi 6,0 sigma dan profit saving yang diperoleh sebesar 79.012.530.000. Penyebab terjadinya waktu stop adalah karyawan belum mengikuti training reclaimer, tidak adanya SOP pada unit reclaimer limestone, tidak adanya laporan koordinasi antar shift yang tertulis, sensor level unit reclaimer limestone rusak, dan beam bengkok. Kata kunci: Unscheduled stop unit reclaimer limestone, DMAIC, Diagram Ishikawa, Voting NGT, Diagram Pareto.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 14 Jul 2017 07:11
Last Modified: 14 Jul 2017 07:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12248

Actions (login required)

View Item View Item