ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE KANO BERDIMENSI SERVQUAL (Studi Kasus LBB X Cabang Tuban)

Bisono, Achmad Rizal (2017) ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE KANO BERDIMENSI SERVQUAL (Studi Kasus LBB X Cabang Tuban). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peningkatan kualitas merupakan salah satu strategi bisnis yang ditekankan oleh perusahaan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Lembaga bimbingan belajar X Tuban merupakan salah satu lembaga penyelenggara jasa bimbingan belajar yang tergolong baru. Selama ini, lembaga bimbingan belajar X Tuban belum pernah mengadakan survey penilaian kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa yang diberikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan urutan prioritas peningkatan kualitas dan mengetahui dimana posisi kelebihan dan kelemahan lembaga dengan mengadakan survey penilaian kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Kano dengan dimensi Servqual untuk merespon keinginan pelanggan. Metode Servqual membantu menentukan kelebihan dan kelemahan objek penelitian. Selanjutnya dalam metode Kano menentukan prioritas tindakan perbaikan berdasarkan kategori Kano. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah urutan prioritas tindakan perbaikan pada 12 atribut pelayanan yang berpengaruh pada peningkatan kepuasan pelanggan. Posisi LBB X masih berada dibawah pesaingnya dilihat dari nilai gap score rata-rata keseluruhan atribut untuk LBB X sebesar -0,20 dan pesaingnya sebesar -0,37. Kelebihan LBB X ada pada keramahan pelayanan dan pelayanan tanpa memandang status sosial kepada pelanggannya. Kelemahan LBB X terdapat pada kondisi fisik, administrasi dan metode pembelajaran yang kurang efektif. Kata kunci : Model Kano, Servqual, kepuasan pelanggan, bimbingan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Apr 2017 04:31
Last Modified: 19 Apr 2017 04:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11890

Actions (login required)

View Item View Item