STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA (Studi Kasus Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Magelang Dalam Mempromosikan Program Ayo Ke Magelang 2015)

Herdianto, Odhi (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA (Studi Kasus Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Magelang Dalam Mempromosikan Program Ayo Ke Magelang 2015). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pariwisata dinilai mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. Kota Magelang yang terletak pada jalur transportasi utama regional Jawa Tengah memiliki potensi dalam menarik wisatawan. Pengembangan pariwisata dilakukan oleh Pemerintah Kota Magelang dibantu oleh Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang melalui program Ayo ke Magelang 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata dalam mempromosikan program Ayo Ke Magelang 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penyusunan pesan. Hasil Penelitian menunjukkan Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang mempromosikan program Ayo ke Magelang 2015 menggunakan strategi komunikasi, yaitu push strategy dan pull strategy yang kemudian diterapkan pada komunikasi pemasaran terpadu. Pelaksanaan kegiatan komunikasi pemasaran meliputi periklanan melalui media elektronik, media cetak, dan media luar ruang. Personal selling, dengan membuat dan mengikuti pameran serta melakukan travel dialog ke luar provinsi. Memanfaatkan sosial media, facebook sebagai bentuk direct marketing. Promosi penjualan dengan membuat one day tour, fam trip dan memberikan sampel produk unggulan. Serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat melalui komunitas untuk mendukung berjalannya program Ayo ke Magelang. Melalui komunikasi pemasaran yang telah dilakukan, program ini terbukti dapat meningkatkan kunjungan pariwisata, dilihat dari kenaikan tingkat kunjungan hotel pada tahun 2015. Keyword: Push Strategy, Pull Strategy, Komunikasi Pemasaran Terpadu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:16
Last Modified: 05 Apr 2017 02:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item