STRATEGI OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA DATARAN TINGGI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO, PROVINSI JAWA TENGAH

Kusumawardani, Nita (2017) STRATEGI OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA DATARAN TINGGI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO, PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menentukan faktor-faktor internal yang mendukung dan menghambat pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. (2) Menentukan faktor-faktor eksternal yang mendukung dan menghambat pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. (3) Menentukan strategi optimalisasi pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Alat analisi yang digunanakan dalam penelitian ini adalah SWOT. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa (1) Faktor-faktor internal yang mendukung pengembangan kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng adalah keindahan alam, keramahan penduduk, biaya retribusi murah, keterbukaan masyarakat lokal, keamanan dan kenyamanan dan kemudahan akses masuk wisata. Sementara yang menghambat adalah akses jalan yang sulit dan sempit, tempat parkir yang kurang luas, kurangnya penerangan jalan, belum adanya pusat informasi wisata, SDM yang belum mempunyai skill di bidang pariwisata dan masih adanya praktek pungutan liar (pungli). (2) Faktor-faktor eksternal yang mendukung pengembangan kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng adalah tingginya potensi dan minat wisatawan, perkembangan teknologi dan informasi dan adanya perhatian dari pemerintah setempat. Sementara yang menghambat adalah dukungan masyarakat yang masih kurang, dukungan pemerintah desa yang belum optimal, kesadaran akan lingkungan yang masih rendah dan keamanan yang kurang kondusif. (3) Strategi prioritas berdasarkan SWOT adalah menjaga lingkungan alam dan sekitar, membangun jaringan dengan obyek-obyek wisata lain yang ada di Jawa Tengah, bekerjasama dengan agen-agen perjalanan, membuat website khusus wisata Dataran Tinggi Dieng, lebih mempermudah akses masuk kawasan wisata dan meningkatkan pengelolaan antara Pemkab dan masyarakat sekitar Dataran Tinggi Dieng. Kata kunci : potensi pariwisata, persepsi, strategi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Mar 2017 03:09
Last Modified: 23 Mar 2017 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11532

Actions (login required)

View Item View Item