STRATEGI OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA DATARAN TINGGI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO, PROVINSI JAWA TENGAH

Kusumawardani, Nita (2017) STRATEGI OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA DATARAN TINGGI DIENG DI KABUPATEN WONOSOBO, PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menentukan faktor-faktor internal yang
mendukung dan menghambat pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi
Dieng. (2) Menentukan faktor-faktor eksternal yang mendukung dan menghambat
pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. (3) Menentukan strategi
optimalisasi pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Alat analisi
yang digunanakan dalam penelitian ini adalah SWOT. Hasil dari penelitian
menyimpulkan bahwa (1) Faktor-faktor internal yang mendukung pengembangan
kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng adalah keindahan alam, keramahan
penduduk, biaya retribusi murah, keterbukaan masyarakat lokal, keamanan dan
kenyamanan dan kemudahan akses masuk wisata. Sementara yang menghambat
adalah akses jalan yang sulit dan sempit, tempat parkir yang kurang luas,
kurangnya penerangan jalan, belum adanya pusat informasi wisata, SDM yang
belum mempunyai skill di bidang pariwisata dan masih adanya praktek pungutan
liar (pungli). (2) Faktor-faktor eksternal yang mendukung pengembangan kawasan
wisata Dataran Tinggi Dieng adalah tingginya potensi dan minat wisatawan,
perkembangan teknologi dan informasi dan adanya perhatian dari pemerintah
setempat. Sementara yang menghambat adalah dukungan masyarakat yang masih
kurang, dukungan pemerintah desa yang belum optimal, kesadaran akan
lingkungan yang masih rendah dan keamanan yang kurang kondusif. (3) Strategi
prioritas berdasarkan SWOT adalah menjaga lingkungan alam dan sekitar,
membangun jaringan dengan obyek-obyek wisata lain yang ada di Jawa Tengah,
bekerjasama dengan agen-agen perjalanan, membuat website khusus wisata
Dataran Tinggi Dieng, lebih mempermudah akses masuk kawasan wisata dan
meningkatkan pengelolaan antara Pemkab dan masyarakat sekitar Dataran Tinggi
Dieng.
Kata kunci : potensi pariwisata, persepsi, strategi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Mar 2017 03:09
Last Modified: 23 Mar 2017 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11532

Actions (login required)

View Item View Item