STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS D’OMAH HOTEL YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN

INGGRID KAMARA, CINTIA (2016) STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS D’OMAH HOTEL YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kompetitor yang bermunculan di bidang jasa perhotelan, D’Omah hotel tidak lagi memandang konsumen hanya sebagai pengguna jasa, melainkan sebagai aset yang perlu dipertahankan dan menjadi bagian dari keberhasilan hotel agar D’Omah hotel mampu bertahan ditengah persaingan hotel. Penulis menggambarkan bagaimana strategi hubungan pelanggan di D’Omah hotel dan bagaimana kepuasan pelanggan dengan adanya strategi tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memberikan gambaran dan menerangkan obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang penulis dapatkan selama di lapangan sebagaimana adanya. Pendekatan deskriptif didukung dengan data kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan model interaktif. Dari hasil penelitian, terdapat serangkaian proses strategi hubungan pelanggan di D’Omah hotel yaitu pengumpulan data, perencanaan dan pemograman, dan evaluasi. Strategi untuk peningkatan kepuasan pelanggan diwujudkan dalam kegiatan strategi hubungan yang dilakukan oleh Public Relations dan Guest Relations Officer, upaya pelayanan prima, pemberian souvenir, dan pemberian tumpeng. Sebagai usaha di bidang jasa perhotelan, manajemen menyadari pelayanan yang prima dan kenyamanan adalah yang dibutuhkan pelanggan, selain nilai produk yang dijual. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan, D’Omah hotel perlu mempertimbangkan bahwa adanya kegiatan mailing list akan lebih maksimal lagi apabila manajemen turut memberikan informasi mengenai program dan promosi yang sedang berlangsung kepada para pelanggan melalui database dengan harapan pelanggan akan selalu mendapatkan informasi terbaru dan tidak mudah untuk pindah ke kompetitor lain. Kata kunci: strategi, hubungan pelanggan, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:14
Last Modified: 29 Sep 2016 07:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7030

Actions (login required)

View Item View Item