APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT MUSIK GAMELAN JAWA

Novianto Nugroho, Singgih (2014) APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT MUSIK GAMELAN JAWA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of cover APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT MUSIK GAMELAN JAWA.pdf]
Preview
Text
cover APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT MUSIK GAMELAN JAWA.pdf

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi.pdf]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Lahirnya teknologi informasi sebagai konsekuensi dari perubahan zaman yang
semakin modern, terutama dunia industri yang semakin pesat turut mempengaruhi berbagai
dimensi kehidupan manusia. Jika zaman dulu peralihan dari zaman pertanian ke industri,
maka sekarang peralihan dari zaman industri ke zaman teknologi informasi, dimana akses
komunikasi dan jaringan informasi sudah begitu mudah dengan alat bantu yang canggih.
Komputer merupakan sarana yang paling berpengaruh dalam perkembangan teknologi
informasi. Saat ini segala sesuatu dapat dilakukan oleh alat yang semakin hari semakin
canggih ini mulai dari mengolah data, membuat animasi, desain grafis, mengolah media
audio visual dan lain – lain dapat dilakukan oleh alat yang bernama komputer. Lahirnya
komputer multimedia menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah.
Salah satu media yang telah banyak diproduksi adalah multimedia interaktif.Gamelan
merupakan salah satu alat musik jenis perkusi yang sering dimainkan pada orkestra. Saat ini
alat musik ini sudah dibuat dalam bentuk yang menarik sebagai alat musik yang dapat
digunakan untuk mengenal musik bagi anak-anak dengan warna-warna yang menarik. Dalam
penelitian ini akan dibuat virtual Gamelan yang dapat dimainkan oleh anak-anak SD dan.
Aplikasi ini menyediakan lagu jawa dan anak-anak dapat memainkan sendiri.
Metode penelitian yang digunakan yaitu tahap-tahap pengembangan multimedia.
Perangkat lunak yang digunakan yaitu Adobe Flash CS3 dan Actionscript sebagai script
pendukungnya.
Hasil penelitian dapat digunakan sebagai media pembelajaran disekolah dan
lingkungan masyarakat didalam aplikasi ini untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan
pertimbangan untuk bahan ajar dalam melestarikan gamelan jawa.
Keyword : Multimedia interaktif, gamelan, Actionscript

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:43
Last Modified: 26 Aug 2016 01:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5771

Actions (login required)

View Item View Item