PENGARUH AKTIVITAS VALUE CHAIN TERHADAP KUALITAS DAN INOVASI PRODUK (Studi pada UKM Kerajinan Tangan Gerabah Di Kasongan Bantul)

MELSANDY, MELSANDY (2016) PENGARUH AKTIVITAS VALUE CHAIN TERHADAP KUALITAS DAN INOVASI PRODUK (Studi pada UKM Kerajinan Tangan Gerabah Di Kasongan Bantul). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya dunia bisnis saat ini, menyebabkan persaingan yang begitu ketat.
Persaingan ini juga tidak lepas dari kalangan usaha kecil dan menengah (UKM).
Persaingan ini membuat pelaku UKM harus terus meningkatkan kualitas dan terus
berinovasi. Peningkatan kualitas dan inovasi membutuhkan strategi, dan salah satu
strategi yang dipergunakan untuk meningkatkan kedua hal tersebut adalah penerapan
aktifitas value chain. Value chain adalah rangkaian aktifitas yang mengubah input
menjadi output yang bernilai bagi pelanggan. Adapun pokok pembahasan dalam
penulisan ilmiah ini adalah mencari apakah di UKM kerajinan tangan gerabah di
Kasongan Bantul telah menerapkan aktifitas Value chain. Selain itu penulisan ilmiah
ini juga mencari pengaruh aktifitas value chain yang meliputi fokus pelanggan,
bidang pengembangan, manajemen proses, manajemen pemasok, terhadap kualitas
dan inovasi produk di UKM kerajinan tangan gerabah yang ada di Kasongan Bantul.
Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan dari uji regresi, ditemukan bahwa
beberapa aktifitas value chain memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
kualitas dan inovasi produk di UKM kerajinan tangan gerabah yang ada di Kasongan
Bantul, sedangkan beberapa aktifitas value chain tidak memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan, sehingga saran yang dapat diberikan kepada UKM kerajinan
tangan gerabah di Kasongan Bantul yaitu terus meningkatkan kualitas dengan cara
menjaga komunikasi dengan pemasok, menambah pengetahuan tentang bahan baku,
dan pengolahan dalam proses produksi gerabah, agar kualitas dapat terus meningkat,
serta menjaga inovasi produk agar UKM dapat terus bertahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 Jul 2016 07:07
Last Modified: 13 Jul 2016 07:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4729

Actions (login required)

View Item View Item