PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (STUDI PADA BISNIS CAFÉ DUE COFFEE & KITCHEN JAKARTA)

Muhammad aryo wicaksono, . (2025) PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (STUDI PADA BISNIS CAFÉ DUE COFFEE & KITCHEN JAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL (COVER).pdf] Text
HALAMAN SAMPUL (COVER).pdf

Download (182kB)
[thumbnail of Abstraksi.pdf] Text
Abstraksi.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152210141.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152210141.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Daftar Isi Skripsi.pdf] Text
Daftar Isi Skripsi.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Skripsi Full Text 2_152210141.pdf] Text
Skripsi Full Text 2_152210141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: htpps://upnyk.ac.id

Abstract

Muhammad Aryo Wicaksono, Nomor Induk Mahasiswa 152210141, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX/QSPM (Studi pada bisnis cafe Due Coffee & Kitchen Jakarta)” Dosen pembimbing Humam Santosa Utomo.
Pertumbuhan UMKM Jakarta di sektor kuliner dan cafe mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya. Kondisi ini mendorong semakin ketatnya persaingan bisnis. Café Due Coffee & Kitchen merupakan salah satu pelaku usaha di bidang kuliner yang menghadapi dinamika kompetisi tersebut dan perlu menyusun strategi pemasaran yang tepat agar mampu bertahan sekaligus berkembang. Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi bauran pemasaran yang dapat diterapkan oleh café Due Coffee & Kitchen Jakarta untuk meningkatkan penjualan serta memperkuat daya saing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner kepada konsumen serta wawancara dengan pemilik, head bar, dan head kitchen. Metode analisis yang digunakan dengan matriks SWOT dan metode QSPM.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat strategi alternatif dari aspek pemasaran berupa strategi bauran produk, harga, tempat, dan promosi. Berdasarkan perhitungan QSPM didapati bahwa strategi prioritas yang harus dijalankan pada cafe Due Coffee & Kitchen Jakarta adalah strategi promosi yang memiliki Sum Total Attractiveness Score (STAS) tertinggi sebesar 5,356 yaitu perbaikan dan penyeragaman ulang komunikasi digital pada sosial media bisnis

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Perumusan Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD ARYO WICAKSONO (Penulis - 152210141) HUMAM SANTOSA UTOMO (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Perumusan Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM.
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:31
Last Modified: 24 Dec 2025 08:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46386

Actions (login required)

View Item View Item