Ray Adhitya Hendita Putra, . (2025) TEMA KEAGAMAAN ISLAM DALAM IKLAN DAN DAYA TARIK BAGI GENERASI Z: ANALISIS RESEPSI PADA IKLAN “KALKULATOR ZAKAT” KITABISA.COM. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
Cover_153210146.pdf Download (82kB) |
|
|
Text
Abstrak_15321046.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Halaman Pengesahan_153210146.pdf Download (78kB) |
|
|
Text
Daftar Isi_153210146.pdf Download (991kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_153210146.pdf Download (95kB) |
|
|
Text
Fulltext_153210146.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Fenomena pembayaran digital yang sedang marak digunakan oleh masyarakat terkhususnya generasi muda mulai merambah kebanyak sektor dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemaknaan dan penerimaan pesan oleh Generasi Z terhadap iklan “Kalkulator Zakat” yang dipublikasikan oleh Kitabisa.com di media sosial. Penelitian ini menggunakan Model Encoding/Decoding Stuart Hall sebagai kerangka analisis untuk memetakan posisi penerimaan khalayak terhadap pesan yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses encoding Kitabisa berhasil menciptakan preferred reading yang yaitu kemudahan dalam melakukan ibadah zakat dengan layanan pembayaran digital. Namun, audiens tidak bersifat pasif; mayoritas informan menempati posisi negotiated reading dengan menerima gagasan kemudahan digital namun tetap mengajukan keberatan terhadap aspek kepercayaan, keabsahan prosesi, dan keamanan transaksi. Sebagian kecil informan berada pada posisi dominant-hegemonic reading karena merasakan kesesuaian antara pesan dan kebutuhan pribadi mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa audiens bersifat aktif dalam menerima dan memberikan makna pada pesan sesuai dengan latar belakang pengetahuan, sosial, dan budaya yang mereka miliki.
Kata Kunci: Analisis Resepsi, Encoding/Decoding, Generasi Z, Zakat Digital, Kitabisa, Komunikasi Non-Formal.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Ray Adhitya Hendita Putra (153210146) Sigit Tripambudi (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Analisis Resepsi, Encoding/Decoding, Generasi Z, Zakat Digital, Kitabisa, Komunikasi Non-Formal. |
| Subjek: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Indah Lestari |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 01:02 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 01:02 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
