STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN KAKAO DI UMKM COKELAT MAKARYO KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO

NURHIDAYAH, KHUSNITA (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN KAKAO DI UMKM COKELAT MAKARYO KAPANEWON WATES KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. SKRIPSI FULL TEXT_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf] Text
1. SKRIPSI FULL TEXT_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. COVER_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf] Text
2. COVER_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf] Text
3. ABSTRAK_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf] Text
5. DAFTAR ISI_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_135210082_KHUSNITA NURHIDAYAH.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi kondisi lingkungan internal dan
eksternal yang dimiliki untuk pengembangan usaha, (2) menganalisis alternatif
alternatif strategi, serta (3) menentukan strategi prioritas dalam pengembangan
usaha UMKM Cokelat Makaryo. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan
analisis Matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan
(1) kekuatan utama yang dimiliki oleh UMKM Cokelat Makaryo telah tersertifikasi
halal, NIB, PIRT, Label Jogjamark, kelemahan utama yaitu tidak ada kerjasama
harga dengan petani supplier sehingga harga berfluktuatif, peluang utama yaitu
dukungan dari dinas koperasi untuk memasarkan produk UMKM di bandara YIA,
dan ancaman utama yaitu persaingan usaha dengan usaha sejenis yang lebih dulu
ada dan lebih terkenal. (2) Alternatif-alternatif strategi yang dihasilkan yaitu
mengembangkan layanan edukasi pengolahan cokelat dengan konsep open kitchen,
memperkuat branding produk custom dan sertifikasi yang dimiliki untuk pasar
premium dan momen spesial, dan meningkatkan pemasaran digital dan penetrasi
pasar nasional. (3) Strategi prioritas yang dapat diterapkan untuk pengembangan
usaha yaitu memperkuat branding produk custom dan sertifikasi yang dimiliki
untuk pasar premium dan momen spesial.
Kata Kunci: Kakao, QSPM, Strategi Pengembangan Usaha, SWOT, UMKM

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kakao, QSPM, Strategi Pengembangan Usaha, SWOT, UMKM
Subjek: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Nov 2025 09:58
Last Modified: 10 Nov 2025 09:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45356

Actions (login required)

View Item View Item