REDESIGN USER INTERFACE & USER EXPERIENCE WEBSITE OPAC PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

PRAMESTI, DHEA REGISTA (2025) REDESIGN USER INTERFACE & USER EXPERIENCE WEBSITE OPAC PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf] Text
2_Cover_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf] Text
3_Abstrak_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf] Text
5_Daftar Isi_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf] Text
1_Skripsi Full_124210018_Dhea Regista Pramesti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
Official URL: upnyk.ac.id

Abstract

Website Online Public Access Catalog (OPAC) Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
merupakan salah satu platform penting dalam mendukung proses belajar mengajar dan
pemenuhan kebutuhan informasi bagi mahasiswa maupun sivitas akademika kampus.
Namun, berdasarkan hasil usability testing, wawancara, dan kuesioner System Usability
Scale (SUS) yang telah dilakukan terhadap lima partisipan mahasiswa dari berbagai fakultas
di UPNYK, ditemukan beberapa permasalahan pada website OPAC. Permasalahan tersebut
meliputi fitur login yang tidak berjalan maksimal sehingga pengguna tidak dapat masuk ke
akun, tampilan antarmuka yang kurang modern dan membingungkan, kesulitan dalam
pencarian koleksi buku dan skripsi, hingga minimnya interaksi atau komunikasi dua arah
pada menu “Kontak Kami”. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan redesign User
Interface (UI) dan User Experience (UX) website OPAC Perpustakaan UPNYK agar lebih
responsif, modern, interaktif, dan memenuhi kebutuhan serta ekspektasi pengguna. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan,
yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Tahap Empathize dilakukan dengan
studi literatur, observasi, usability testing awal, dan wawancara untuk memahami kebutuhan
pengguna. Tahap Define digunakan untuk mendefinisikan permasalahan dan kebutuhan yang
ditemukan. Tahap Ideate menghasilkan beberapa solusi ide desain alternatif yang kemudian
dibuat prototype-nya pada tahap Prototype menggunakan tools Figma. Tahap terakhir yaitu
Testing dilakukan dengan usability testing terhadap prototype yang dihasilkan. Hasil akhir
penelitian ini menunjukkan bahwa redesign yang dilakukan berhasil meningkatkan tampilan
dan pengalaman pengguna pada website OPAC Perpustakaan UPNYK. Website menjadi
lebih mudah digunakan, memiliki navigasi yang jelas, visual yang lebih modern, interaksi
menu yang lebih baik, serta peningkatan skor usability dibandingkan desain sebelumnya.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan website OPAC agar
dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna dalam mengakses layanan
digital perpustakaan di masa mendatang.
Kata kunci: OPAC Perpustakaan UPNYK, User Interface, User Experience, Design
Thinking, Redesign.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: DHEA REGISTA PRAMESTI (Penulis-124210018) ; Yuli Fauziah (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: OPAC Perpustakaan UPNYK, User Interface, User Experience, Design Thinking, Redesign.
Subjek: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Sistem Informasi
Depositing User: UPA Perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2025 07:41
Last Modified: 16 Oct 2025 07:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44499

Actions (login required)

View Item View Item