PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PAKAIAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM (Studi pada Konveksi Limitcloth)

MUFARRIHAH, HALENA FELDA (2025) PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PAKAIAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN QSPM (Studi pada Konveksi Limitcloth). Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf] Text
Abstrak_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of Cover_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf] Text
Cover_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf] Text
Daftar Isi_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf] Text
Daftar Pustaka_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf] Text
Halaman Pengesahan_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of Skripsi_Fulltext_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf] Text
Skripsi_Fulltext_152210086_Halena Felda Mufarrihah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Halena Felda Mufarrihah, Nomor Induk Mahasiswa 152210086, Jurusan
Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “PERUMUSAN
STRATEGI PEMASARAN PRODUK PAKAIAN MENGGUNAKAN
MATRIKS SWOT DAN QSPM (Studi pada Konveksi Limitcloth)”. Dosen
pembimbing Humam Santosa Utomo.
Pertumbuhan UMKM di Indonesia, khususnya di Daerah Istimewa
Yogyakarta mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan jumlah UMKM
ini menciptakan persaingan ketat dalam sektor industri pengolahan. Konveksi
Limitcloth merupakan salah satu bisnis yang bergerak pada industri pengolahan.
Penelitian ini membantu merumuskan strategi bauran pemasaran yang dapat
diterapkan oleh Konveksi Limitcloth untuk meningkatkan penjualan dan
mempertahankan perusahaan dalam kompetisi pasar. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara,
kuesioner, dan observasi. Metode yang digunakan untuk merumuskan strategi
dalam penelitian ini adalah Matriks SWOT dan QSPM. Informan pada penelitian
ini adalah pemilik dari Konveksi Limitcloth dan karyawan Konveksi Limitcloth.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat delapan alternatif
strategi yang dihasilkan dari matriks SWOT dan alternatif strategi yang menjadi
prioritas utama dan relevan untuk diterapkan pada Konveksi Limitcloth dari metode
QSPM adalah strategi produk dengan nilai jumlah skor daya tarik total (STAS)
sebesar 5,66 yaitu dengan meningkatkan kualitas produk dan layanan.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Perumusan Strategi,
Matriks SWOT, Matriks QSPM.
vi

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Perumusan Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM.
Subjek: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:18
Last Modified: 10 Oct 2025 01:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44201

Actions (login required)

View Item View Item