PENGARUH CARA BERKOMUNIKASI LAYANAN PENAGIHAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN LAYANAN SHOPEE PAYLATER DI KALANGAN KONSUMEN

Triana, Hesti Oktavia (2025) PENGARUH CARA BERKOMUNIKASI LAYANAN PENAGIHAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN LAYANAN SHOPEE PAYLATER DI KALANGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1_Skripsi full_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf] Text
1_Skripsi full_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2_Cover_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf] Text
2_Cover_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf] Text
3_Abstrak_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf] Text
5_Daftar Isi_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_153190009_Hesti Oktavia Triana.pdf

Download (436kB)

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia sanggat pesat, oleh karena itu masyarakat
Indonesia mulai beralih melakukan belanja online. Banyak metode pembayaran
ditawarkan, salah satunya adalah PayLater. Shopee merupakan aplikasi yang
menyediakan layanan PayLater yang diketahui oleh banyak orang. Shopee juga
memberikan syarat yang mudah untuk melakukan pinjaman pada Shopee PayLater.
Namun karena memiliki syarat yang mudah seringkali terjadi kredit macet. Faktor
kredit macet juga bisa disebabkan oleh petugas layanan penagihan yang tidak
sesuai dengan harapan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah komunikasi layanan penagihan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen
Shopee PayLater. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuantitatif
dengan menggunakan analis regresi linear sederhana. Jumlah sampel yang
digunakan adalah 100 responden yang diperoleh dari perhitungan Lemeshow
karena populasi ini tidak diketahui jumlahnya. Hasil dari penelitian ini yaitu
komunikasi layanan penagihan (X) memiliki pengaruh signifikan secara statistik
terhadap kepuasan konsumen (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung 14,373 >
t tabel 1,987, dan dengan besar koefisien determinasi R2
sebesar 67,8%. Hal ini
dapat disimpulkan dalam statistik bahwa komunikasi layanan penagihan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Shopee PayLater.
Kata Kunci : Komunikasi Layanan Penagihan, Kepuasan Konsumen, Shopee
PayLater

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Layanan Penagihan, Kepuasan Konsumen, Shopee PayLater
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:24
Last Modified: 03 Oct 2025 03:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44044

Actions (login required)

View Item View Item