PENGARUH E-RECRUITMENT DAN EMPLOYER BRANDING TERHADAP MINAT MELAMAR KERJA DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Generasi Z Pengguna LinkedIn)

Sari, Winda Hardita (2025) PENGARUH E-RECRUITMENT DAN EMPLOYER BRANDING TERHADAP MINAT MELAMAR KERJA DENGAN REPUTASI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Generasi Z Pengguna LinkedIn). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1_Skripsi Full_152210121_Winda Hardita Sari.pdf] Text
1_Skripsi Full_152210121_Winda Hardita Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2_Cover_152210121_Winda Hardita Sari.pdf] Text
2_Cover_152210121_Winda Hardita Sari.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_152210121_Winda Hardita Sari.pdf] Text
3_Abstrak_152210121_Winda Hardita Sari.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4_Lembar Pengesahan_152210121_Winda Hardita Sari.pdf] Text
4_Lembar Pengesahan_152210121_Winda Hardita Sari.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_152210121_Winda Hardita Sari.pdf] Text
5_Daftar Isi_152210121_Winda Hardita Sari.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_152210121_Winda Hardita Sari.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_152210121_Winda Hardita Sari.pdf

Download (244kB)

Abstract

Winda Hardita Sari, Nomor Induk Mahasiswa 152210121, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh E-
Recruitment dan Employer Branding terhadap Minat Melamar Kerja dengan
Reputasi Perusahaan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Generasi Z Pengguna
LinkedIn)”. Dosen Pembimbing Adi Soeprapto.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Recruitment dan
Employer Branding terhadap Minat Melamar Kerja dengan Reputasi Perusahaan
sebagai variabel mediasi pada Generasi Z pengguna LinkedIn. Penelitian ini
menggunakan deskriptif, dengan populasi berupa Generasi Z yang aktif
menggunakan LinkedIn sebagai platform untuk mencari peluang kerja. Jumlah
sampel sebanyak 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling.
Analisis data dilakukan menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan aplikasi
SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan E-Recruitment tidak berpengaruh
secara langsung terhadap Minat Melamar Kerja, Employer Branding tidak
berpengaruh secara langsung terhadap Minat Melamar Kerja, Reputasi Perusahaan
berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Melamar Kerja, E-Recruitment
berpengaruh positif signifikan terhadap Reputasi Perusahaan, Employer Branding
berpengaruh positif signifikan terhadap Reputasi Perusahaan, E-Recruitment
berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Melamar Kerja melalui Reputasi
Perusahaan, Employer Branding berpengaruh positif signifikan terhadap Minat
Melamar Kerja melalui Reputasi Perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian,
perusahaan perlu memperhatikan kualitas pengalaman pengguna dalam sistem E-
Recruitment serta terus memperkuat Employer Branding untuk membangun
reputasi yang positif. Reputasi yang baik akan membantu meningkatkan minat
generasi muda untuk melamar kerja dan mendukung citra perusahaan di pasar
tenaga kerja.
Kata kunci: E-Recruitment, Employer Branding, Reputasi Perusahaan,
Minat Melamar Kerja

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Recruitment, Employer Branding, Reputasi Perusahaan, Minat Melamar Kerja
Subjek: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 01 Oct 2025 09:54
Last Modified: 01 Oct 2025 09:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43967

Actions (login required)

View Item View Item