STRATEGI PENYESUAIAN KONTEN KOMUNIKASI PEMASARAN @DOWAOFFICIAL DI INSTAGRAM DAN TIKTOK DALAM MENJANGKAU TARGET AUDIENS YANG BERBEDA

Zerlina, Naifah Maharani (2025) STRATEGI PENYESUAIAN KONTEN KOMUNIKASI PEMASARAN @DOWAOFFICIAL DI INSTAGRAM DAN TIKTOK DALAM MENJANGKAU TARGET AUDIENS YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf] Text
2. Cover_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf] Text
3. Abstrak_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf] Text
5. Daftar Isi_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153210208_Naifah Maharani Zerlina.pdf

Download (180kB)

Abstract

Sebagai brand lokal yang dikenal dengan produk tas rajut handmade berkualitas,
DOWA menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan dinamika pasar yang
kian berubah, sembari mempertahankan identitas merek dan memperluas target
pasar. DOWA, yang telah berdiri sejak 2008, dikenal sebagai salah satu brand tas
lokal legendaris yang mampu bertahan dan berkembang dalam lanskap industri
fashion Indonesia. Reputasinya yang kuat di kalangan konsumen mature woman
menjadi modal utama, namun sekaligus menjadi tantangan ketika DOWA harus
menyesuaikan diri dengan era digitalisasi dan preferensi konsumen, khususnya
Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyesuaian konten
komunikasi pemasaran @dowaofficial di media sosial Instagram dan TikTok
dalam rangka menjangkau target audiens yang berbeda, yaitu kelompok mature
woman dan Generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara
mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
DOWA berhasil menjangkau target audiens selain mature woman yaitu adalah
Generasi Z, melalui penyesuaian konten berbasis teori content marketing. Strategi
tersebut didasari dengan dua dimensi yaitu reliability dan persuasion knowledge
yang dikemas dalam tiap konten yang dipublikasikan. Selain itu, prinsip
kepercayaan menjadi fondasi utama dalam mempertahankan identitas brand
sembari menyesuaikan konten secara konsisten dalam lintas platform. Konten di
Instagram tampil lebih estetis, formal, dan naratif, sementara di TikTok lebih
ringan, interaktif, dan trend-oriented. Meskipun gaya penyajian yang berbeda,
konsistensi merek tetap terjaga melalui ciri khas produk dan pesan utama konten,
yaitu mengenai kualitas DOWA dan memungkinkan DOWA menjangkau target
audiens berbeda melalui dua platform secara efektif, tanpa kehilangan esensi
merek.
Kata Kunci: Strategi Konten, Komunikasi Pemasaran, Content Marketing,
Instagram,
TikTok,
Brand
Identity

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Konten, Komunikasi Pemasaran, Content Marketing, Instagram, TikTok, Brand Identity
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Sep 2025 04:10
Last Modified: 12 Sep 2025 04:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43668

Actions (login required)

View Item View Item