HANDIKA, MHD (2025) PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN DAN PELATIHAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN MEDIASI PENERIMAAN TEKNOLOGI (Studi Kasus Pada Karyawan PT BPR BANK BAPAS 69). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
Cover_152210032_MHD HANDIKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
Abstrak_152210032_MHD HANDIKA.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_152210032_MHD HANDIKA.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_152210032_MHD HANDIKA.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan_152210032_MHD HANDIKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Full Text_152210032_MHD HANDIKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh
Dukungan Manajemen dan Pelatihan terhadap Kepuasan Kerja Dengan Mediasi
Penerimaan Teknologi (Studi Kasus Pada Karyawan PT BPR BANK BAPAS 69).
Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 responden. Teknik sampling yang
digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan teknik Sampling Jenuh. Data
penelitian ini merupakan data primer. Analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan metode Struktural
Equation Modelling atau SEM dengan menggunakan SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dukungan Manajemen
berpengaruh positif signifikan terhadap Penerimaan Teknologi, Pelatihan
berpengaruh positif signifikan terhadap Penerimaan Teknologi, Dukungan
Manajemen berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Pelatihan
berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Penerimaan Teknologi
berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja, Dukungan Manajemen
tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja melalui mediasi Penerimaan
Teknologi, Pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Kerja
melalui mediasi Penerimaan Teknologi.
Berdasarkan hasil Penelitian, Dukungan Manajemen diharapkan dapat
terus ditingkatkan oleh perusahaan karena terbukti berpengaruh positif signifikan
terhadap Penerimaan Teknologi dan Kepauasan Kerja Karyawan. Pelatihan juga
perlu dikelola secara optimal karena berpengaruh positif signifikan terhadap
Penerimaan Teknologi dan Kepuasan Kerja. Penerimaan Teknologi oleh karyawan
perlu diperhatikan dan ditingkatkan, mengingat perannya yang signifikan dalam
meningkatkan Kepuasan Kerja. Namun, perlu dicatat bahwa Dukungan Manajemen
tidak memberikan pengaruh terhadap Kepuasan Kerja melalui Mediasi Penerimaan
teknologi, sehingga pendekatan langsung dari manajemen menjadi lebih efektif.
Sebaliknya, Pelatihan terbukti mampu meningkatkan Kepuasan Kerja melalui
mediasi Penerimaan Teknologi, sehingga program pelatihan yang relevan dan
berkelanjutan menjadi kunci dalam mendukung kenyamanan dan kepuasan kerja
karyawan.
Kata Kunci: Dukungan Manajemen, Pelatihan, Penerimaan Teknologi, Kepuasan
Kerja
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Manajemen, Pelatihan, Penerimaan Teknologi, Kepuasan Kerja |
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 05:57 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 05:57 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |