STRATEGI FUNGSIONAL PEMASARAN INOVASI PRODUK LINE FOLLOWER PADA PT GAGAS ANAGATA NUSANTARA MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP)

Isnaini, Putri (2025) STRATEGI FUNGSIONAL PEMASARAN INOVASI PRODUK LINE FOLLOWER PADA PT GAGAS ANAGATA NUSANTARA MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstraksi_152210051_Putri Isnaini.pdf] Text
Abstraksi_152210051_Putri Isnaini.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of Cover_152210051_Putri Isnaini.pdf] Text
Cover_152210051_Putri Isnaini.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152210051_Putri Isnaini.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152210051_Putri Isnaini.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of Daftar Isi_152210051_Putri Isnaini.pdf] Text
Daftar Isi_152210051_Putri Isnaini.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152210051_Putri Isnaini.pdf] Text
Daftar Pustaka_152210051_Putri Isnaini.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_152210051_Putri Isnaini (1).pdf] Text
Skripsi Fulltext_152210051_Putri Isnaini (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang dan berdampak
pada beberapa sektor seperti pendidikan. Salah satu robotika pendidikan yang
cukup digemari adalah line follower. PT Gagas Anagata Nusantara merupakan
perusahaan yang mengembangkan produk untuk keperluan pendidikan, pelatihan
dan perlombaan. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan alternatif
strategi pemasaran yang sesuai untuk PT Gagas Anagata Nusantara menggunakan
matriks SWOT dan Analytic Network Process (ANP).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik
pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Jumlah informan sebanyak 8
(delapan) orang. Objek penelitian adalah PT Gagas Anagata Nusantara. Teknik
analisis menggunakan matriks IFE dan EFE, tahap pencocokan menggunakan
SWOT, dan tahap keputusan menggunakan Analytic Network Process (ANP).
Hasil penelitian ini menunjukkan posisi perusahaan pada diagram SWOT
yang terletak pada kuadran I (satu) dengan strategi yang direkomendasikan adalah
strategi agresif. Matriks SWOT menghasilkan 9 (Sembilan) rekomendasi alternatif
strategi yang terdiri dari 3 strategi SO (Strengths – Opportunities), 2 strategi WO
(Weaknesses – Opportunities), 2 strategi ST (Strengths– Threats), dan 2 strategi WT
(Weaknesses – Threats). Hasil dari Analytic Network Process (ANP) dengan
menggunakan bantuan Software Super Decision versi 3.2.0 dan menghasilkan
prioritas strategi mulai dari tertinggi hingga terendah. Strategi prioritas tertinggi
yaitu strategi pengembangan produk dengan bobot normalitas limiting matrix
sebesar 0,157844.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, ANP.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Putri Isnaini (152210051) ; Sauptika Kancana (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, ANP.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 16 May 2025 00:51
Last Modified: 16 May 2025 00:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42508

Actions (login required)

View Item View Item