PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND TRUST PRODUK PAKAIAN WANITA TERHADAP MINAT BELI MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA APLIKASI SHOPEE

HAMIDAH, DIANA ROFI (2024) PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND TRUST PRODUK PAKAIAN WANITA TERHADAP MINAT BELI MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA APLIKASI SHOPEE. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 3. Cover.pdf] Text
3. Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak_Diana Rofi Hamidah.pdf] Text
2. Abstrak_Diana Rofi Hamidah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. lembar pengesahan Diana.pdf] Text
4. lembar pengesahan Diana.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 5. Daftar isi Diana Rofi.pdf] Text
5. Daftar isi Diana Rofi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_Diana Rofi Hamidah.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_Diana Rofi Hamidah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1. Tesis Full_Diana Rofi Hamidah.pdf] Text
1. Tesis Full_Diana Rofi Hamidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek (brand awareness) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap minat beli pada produk pakaian wanita dimediasi oleh EWOM (electronic word of mouth) pada aplikasi Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini 100 sample data diuji menggunakan aplikasi SEM PLS dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesadaran merek tidak berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini disebabkan kaena konsumen menemui banyak merek produk pakaian wanita sehingga konsumen cenderung mencari dan melihat lihat produk lain dibandingkan hanya di satu produk saja. (2) Kepercayaan merek berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini disebabkan oleh konsumen memiliki rasa aman dan nyaman terhadap sebuah merek yang ditunjukkan melalui penilaian konsumen sebelumnya sehingga membentuk kepercayaan pada diri konsumen dan mereka ingin membeli produk. (3) EWOM tidak memiliki peran mediasi yang kuat pada hubungan kesadaran merek dan minat beli. Hal ini disebabkan oleh konsumen tertarik ke merek merek lain yang ada di Shopee dan EWOM yang ada menjadi pertimbangan konsumen dalam hal kualitas dan relevansi EWOM terhadap produk yang dinilai. (4) EWOM memiliki peran mediasi yang kuat pada hubungan kepercayaan merek dan minat beli. Hal ini disebabkan oleh, informasi pada EWOM dapat dipercaya dan tidak mengandung iklan sehingga konsumen merasa produk yang akan dibeli memberikan manfaat sesuai dengan penilaian yang ada di EWOM. Akhirnya konsumen tertarik untuk membelinya.

Kata Kunci: Kesadaran merek, kepercayaan merek, EWOM, dan minat beli

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: DIANA ROFI HAMIDAH (241222009) ; Pembimbing 1 : Wisnalmawati ; Pembimbing 2 : Nina Fapari Arief
Uncontrolled Keywords: Kesadaran merek, kepercayaan merek, EWOM, dan minat beli
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 20 Jan 2025 01:58
Last Modified: 20 Jan 2025 01:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42091

Actions (login required)

View Item View Item