HAMIDAH, DIANA ROFI (2024) PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND TRUST PRODUK PAKAIAN WANITA TERHADAP MINAT BELI MELALUI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA APLIKASI SHOPEE. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
3. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak_Diana Rofi Hamidah.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. lembar pengesahan Diana.pdf Download (248kB) |
|
Text
5. Daftar isi Diana Rofi.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_Diana Rofi Hamidah.pdf Download (1MB) |
|
Text
1. Tesis Full_Diana Rofi Hamidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek (brand awareness) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap minat beli pada produk pakaian wanita dimediasi oleh EWOM (electronic word of mouth) pada aplikasi Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini 100 sample data diuji menggunakan aplikasi SEM PLS dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesadaran merek tidak berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini disebabkan kaena konsumen menemui banyak merek produk pakaian wanita sehingga konsumen cenderung mencari dan melihat lihat produk lain dibandingkan hanya di satu produk saja. (2) Kepercayaan merek berpengaruh terhadap minat beli. Hal ini disebabkan oleh konsumen memiliki rasa aman dan nyaman terhadap sebuah merek yang ditunjukkan melalui penilaian konsumen sebelumnya sehingga membentuk kepercayaan pada diri konsumen dan mereka ingin membeli produk. (3) EWOM tidak memiliki peran mediasi yang kuat pada hubungan kesadaran merek dan minat beli. Hal ini disebabkan oleh konsumen tertarik ke merek merek lain yang ada di Shopee dan EWOM yang ada menjadi pertimbangan konsumen dalam hal kualitas dan relevansi EWOM terhadap produk yang dinilai. (4) EWOM memiliki peran mediasi yang kuat pada hubungan kepercayaan merek dan minat beli. Hal ini disebabkan oleh, informasi pada EWOM dapat dipercaya dan tidak mengandung iklan sehingga konsumen merasa produk yang akan dibeli memberikan manfaat sesuai dengan penilaian yang ada di EWOM. Akhirnya konsumen tertarik untuk membelinya.
Kata Kunci: Kesadaran merek, kepercayaan merek, EWOM, dan minat beli
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | DIANA ROFI HAMIDAH (241222009) ; Pembimbing 1 : Wisnalmawati ; Pembimbing 2 : Nina Fapari Arief |
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran merek, kepercayaan merek, EWOM, dan minat beli |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 01:58 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 01:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42091 |
Actions (login required)
View Item |