FAUZI, CALVIN ADITYA PRATAMA (2024) ANALISIS STRATEGI FUNGSIONAL PEMASARAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) PADA AEROFOOD ACS YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Abstrak_152200095_Calvin Aditya Pratama Fauzi.pdf Download (179kB) |
|
Text
Cover_152200095_Calvin Aditya Pratama Fauzi.pdf Download (280kB) |
|
Text
Daftar Isi_152200095_Calvin Aditya Pratama Fauzi.pdf Download (228kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152200095_Calvin Aditya Pratama Fauzi.pdf Download (187kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_152200095_Calvin Aditya Pratama Fauzi.pdf Download (581kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152200095_Calvin Aditya Pratama Fauzi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Calvin Aditya Pratama Fauzi Nomor Induk Mahasiswa 152200095, Jurusan
Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Analisis Strategi Fungsional
Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan Metode Analytical Network Process
(ANP) Pada Aerofood ACS Yogyakarta. Pembimbing I Ibu Sauptika Kancana.
Industri penerbangan di Indonesia mengalami peningkatan selama beberapa
tahun terakhir dan diproyeksikan terus mengalami kenaikan jumlah penumpang
domestic dan internasional. Industri pelengkap seperti penyedia layanan catering
penerbangan ikut merasakan dampak positif peningkatan industri penerbangan.
Aerofood ACS Yogyakarta adalah perusahaan yang menyediakan layanan catering
penerbangan di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
merekomendasikan alternatif strategi pemasaran yang dapat digunakan Aerofood
ACS Yogyakarta menggunakan Matriks SWOT dan Analytical Network Process.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik
pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Jumlah informan sebanyak 8
(delapan) orang informan. Objek penelitian ini adalah Aerofood ACS Yogyakarta.
Teknik analisis menggunakan matriks IFE dan EFE, tahap pencocokan
menggunakan matriks SWOT, dan tahap keputusan menggunakan ANP.
Hasil penelitian ini menunjukkan posisi perusahaan pada diagram SWOT
terletak pada kuadran I (satu) sehingga jenis strategi yang direkomendasikan adalah
strategi agresif, berupa penetrasi pasar, pengembangan pasar, atau pengembangan
produk. Matriks SWOT menghasilkan 9 (sembilan) rekomendasi strategi yang
terdiri dari 3 SO (strengths-opportunities), 2 WO (weaknesses-opportunities), 2 ST
(strengths-threats), dan 2 WT (weaknesses-threats).
Hasil dari Analytical Network Process dengan aplikasi Super Decisions
menghasilkan 1 rekomendasi alternatif strategi pemasaran berdasarkan tingkat
prioritas yaitu strategi SO (strengths-opportunities) berupa strategi penetrasi pasar.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, ANP.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, ANP. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 06:48 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 06:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41693 |
Actions (login required)
View Item |