Kusumo, Adam Haryo (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SATE RATU DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MEREK DI ERA DIGITAL. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Cover_153200172_Adam Haryo Kusumo.pdf Download (149kB) |
|
Text
Abstrak_153200172_Adam Haryo Kusumo.pdf Download (120kB) |
|
Text
Daftar Isi_153200172_Adam Haryo Kusumo.pdf Download (105kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_153200172_Adam Haryo Kusumo.pdf Download (110kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_153200172_Adam Haryo Kusumo.pdf Download (910kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_153200172_Adam Haryo Kusumo.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Sate Ratu merupakan brand kuliner di Yogyakarta yang dikenal dengan sajian sate
merah yang khas dan berkualitas tinggi. Sate Ratu juga dikenal sebagai rumah
makan otentik yang tidak membuka cabang dan sering dikunjungi oleh wisatawan
mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
pemasaran yang dilakukan oleh Sate Ratu dalam mempertahankan citra mereknya
di era digital sebagai brand kuliner rumah makan otentik. Penelitian ini
menggunakan metodologi kualitatif berupa observasi, wawancara dan studi pustaka
pada brand Sate Ratu. Penelitian ini menggunakan strategi komunikasi pemasaran
dan bauran pemasaran dalam melihat strategi komunikasi yang digunakan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Sate Ratu mampu mengikuti perkembangan
teknologi digital meskipun dalam prakteknya masih menonjolkan aspek-aspek
komunikasi pemasaran cara lama. Hal ini disebabkan kekuatan citra merek brand
yang cenderung mampu bertahan di kodisi perubahan digital. Dalam melakukan
advertising, Sate Ratu diuntungkan dengan banyaknya influencer yang ikut
mengiklankan dan cenderung jarang untuk mengiklankan secara berbayar. Kedua,
dalam melakuakn strategi public relations, Sate Ratu membentuk komunikasi yang
baik dengan pelanggan saat melakukan pelayanan dan secara digital selalu menjaga
hubungan baik melalui media sosial. Ketiga, dalam melakukan promosi penjualan,
Sate Ratu memberikan diskon pada pelanggan yang mengunggah pengalamannya.
Sedangkan dalam direct marketing dan personal selling dilakukan langsung saat
pelayanan. Hal unik yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Sate Ratu
mengunggulkan kekuatan testimoni dibandingkan dengan mengikuti trend-trend
yang akan menghilangkan keotentikan rumah makan.
Kata kunci : Citra Merek, Strategi Pemasaran, Sate Ratu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Strategi Pemasaran, Sate Ratu |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 08:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 08:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41239 |
Actions (login required)
View Item |