Hastoto, Yustisia Pentasmara (2024) ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN GOJEK ‘#WAKTUINDONESIABERSATU”. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
2.COVER_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf Download (126kB) |
|
Text
3.ABSTRAK_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf Download (220kB) |
|
Text
4.LEMBAR PENGESAHAN_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf Download (468kB) |
|
Text
5.DAFTAR ISI_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf Download (123kB) |
|
Text
6.DAFTAR PUSTAKA_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf Download (191kB) |
|
Text
1.SKRIPSI ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN GOJEK FIX_153170151_YUSTISIA P.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih dan berkembang
pesat memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan serta
berkomunikasi dengan mudah. Dalam era perkembangan teknologi informasi yang
kian cepat inilah yang kemudian memunculkan adanya media baru. Banyaknya
perusahaan yang memanfaatkan hadirnya media baru sebagai sarana promosinya,
kemudian mengharuskan pembuat iklan menyajikan ide-ide kreatif salah satunya
melalui teknik penyajian narasi atau video storytelling. Maka dari itu, penelitian ini
menganalisis iklan Gojek #WAKTUINDONESIABERSATU dengan tujuan untuk
mengetahui makna nasionalisme yang ada di dalam video iklan tersebut. Metode
yang digunakan adalah metode analisis semiotika, yang dianalisis menggunakan
teori semiotika milik Charles Sanders Peirce untuk menganalisis makna serta tanda
dalam video iklan yang disampaikan guna mengetahui representasi makna
nasionalisme yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian ini representasi makna
nasionalisme yang ditemukan dalam iklan ini diantara lain adalah, menghadirkan
rasa nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari, mengajarkan untuk menghormati
bendera Merah Putih, tetap semangat meraih cita-cita, serta adanya nilai gotong
royong yang diajarkan dalam iklan ini.
Kata kunci : Iklan, analisis semiotika, Gojek, Peirce
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan, analisis semiotika, Gojek, Peirce |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:41 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 02:41 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41053 |
Actions (login required)
View Item |