ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN GOJEK ‘#WAKTUINDONESIABERSATU”

Hastoto, Yustisia Pentasmara (2024) ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN GOJEK ‘#WAKTUINDONESIABERSATU”. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2.COVER_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf] Text
2.COVER_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 3.ABSTRAK_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf] Text
3.ABSTRAK_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4.LEMBAR PENGESAHAN_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf] Text
4.LEMBAR PENGESAHAN_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 5.DAFTAR ISI_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf] Text
5.DAFTAR ISI_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 6.DAFTAR PUSTAKA_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf] Text
6.DAFTAR PUSTAKA_153170151_YUSTISIA PENTASMARA HASTOTO.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1.SKRIPSI ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN GOJEK FIX_153170151_YUSTISIA P.pdf] Text
1.SKRIPSI ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI NASIONALISME DALAM IKLAN GOJEK FIX_153170151_YUSTISIA P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih dan berkembang
pesat memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan serta
berkomunikasi dengan mudah. Dalam era perkembangan teknologi informasi yang
kian cepat inilah yang kemudian memunculkan adanya media baru. Banyaknya
perusahaan yang memanfaatkan hadirnya media baru sebagai sarana promosinya,
kemudian mengharuskan pembuat iklan menyajikan ide-ide kreatif salah satunya
melalui teknik penyajian narasi atau video storytelling. Maka dari itu, penelitian ini
menganalisis iklan Gojek #WAKTUINDONESIABERSATU dengan tujuan untuk
mengetahui makna nasionalisme yang ada di dalam video iklan tersebut. Metode
yang digunakan adalah metode analisis semiotika, yang dianalisis menggunakan
teori semiotika milik Charles Sanders Peirce untuk menganalisis makna serta tanda
dalam video iklan yang disampaikan guna mengetahui representasi makna
nasionalisme yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian ini representasi makna
nasionalisme yang ditemukan dalam iklan ini diantara lain adalah, menghadirkan
rasa nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari, mengajarkan untuk menghormati
bendera Merah Putih, tetap semangat meraih cita-cita, serta adanya nilai gotong
royong yang diajarkan dalam iklan ini.

Kata kunci : Iklan, analisis semiotika, Gojek, Peirce

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Iklan, analisis semiotika, Gojek, Peirce
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:41
Last Modified: 06 Sep 2024 02:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41053

Actions (login required)

View Item View Item