Fadhluljannah, Nurrahmah Fadhluljannah (2024) ANALISIS EVENT PASAR WIGUNA SEBAGAI STRATEGI MARKETING PLAZA AMBARRUKMO YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2. Cover_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf Download (135kB) |
|
Text
3. Abstrak_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf Download (11kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf Download (104kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf Download (34kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153200058_Nurrahmah Fadhluljannah.pdf Download (70kB) |
Abstract
Tingginya penggunaan e-commerce dalam perilaku belanja online membuat para
pemilik offline store harus memiliki inovasi dalam meningkatkan minat
berkunjung. Oleh karena itu, Plaza Ambarrukmo sebagai salah satu pusat
perbelanjaan offline melakukan inovasi baru dalam strategi marketingnya. Salah
satu strategi marketing yang dilakukan oleh Plaza Ambarrukmo adalah event
marketing melalui Pasar Wiguna. Pasar Wiguna merupakan curated market dengan
konsep piknik dan tema eco culture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi event marketing Pasar Wiguna yang dilakukan oleh Plaza Ambarrukmo.
Penelitian ini menggunakan konsep marketing communication mix dan konsep
event marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.
Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi event marketing Pasar Wiguna
menggunakan empat tahapan marketing communication mix yaitu menentukan
tujuan, yakni menciptakan mall sebagai tempat berkumpul komunitas kreatif. Lalu
targeting yaitu remaja, keluarga, wisatawan hingga pecinta kuliner. Selanjutnya ada
analisis situasi, yakni tren, isu atau musim yang sedang berlangsung. Tahap terakhir
yaitu measuring, yakni tolak ukur melalui traffic dan peningkatan Instagram
followers. Selain itu, Pasar Wiguna dalam pelaksanaanya juga menggunakan
konsep event marketing yaitu relevant, engaging dan implicit. Relevant yakni
dilihat dari relevansi tujuan, tema, tren dan identitas perusahaan. Prinsip engaging
yaitu publikasi melalui media digital, kolaborasi dengan influencer, word of mouth,
kolaborasi dengan suatu brand, memaksimalkan USP dan rangkaian acara dalam
event tersebut. Sedangkan prinsip implicit yakni kenyamanan, kualitas pelayanan
dan kepuasan experience. Strategi event marketing ini mampu untuk meningkatkan
minat berkunjung Plaza Ambarrukmo. Indikator keberhasilannya dilihat melalui
peningkatan traffic pada setiap event Pasar Wiguna dibandingkan saat tidak ada
event yaitu 4-6%.
Kata Kunci: belanja online, marketing communication mix, event marketing, minat
berkunjung
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belanja online, marketing communication mix, event marketing, minat berkunjung |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:26 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40897 |
Actions (login required)
View Item |