PENGARUH TOURIST MOTIVATION TERHADAP PERCEIVED VALUE DAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Gunung Merbabu)

MUTIA, SHABILA (2024) PENGARUH TOURIST MOTIVATION TERHADAP PERCEIVED VALUE DAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Gunung Merbabu). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT_152170090_SHABILA MUTIA.PDF] Text
SKRIPSI FULLTEXT_152170090_SHABILA MUTIA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Cover_152170090_Shabila Mutia.pdf] Text
Cover_152170090_Shabila Mutia.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Abstrak_152170090_Shabila Mutia.pdf] Text
Abstrak_152170090_Shabila Mutia.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_152170090_Shabila Mutia.pdf] Text
Lembar Pengesahan_152170090_Shabila Mutia.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi_152170090_Shabila Mutia.pdf] Text
Daftar Isi_152170090_Shabila Mutia.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_152170090_Shabila Mutia.pdf] Text
Daftar Pustaka_152170090_Shabila Mutia.pdf

Download (418kB)

Abstract

Shabila Mutia, Nomor Induk Mahasiswa 152170090, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh Tourist
Motivation terhadap Perceived Value dan Memorable Tourism Experience serta
dampaknya pada Revisit Intention (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke
Gunung Merbabu)”. Pembimbing I Eny Endah Pujiastuti, dan pembimbing II Didik
Indarwanta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Motivation
terhadap Perceived Value dan Memorable Tourism Experience serta dampaknya
pada Revisit Intention (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Gunung
Merbabu). Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research dengan
menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
wisatawan yang sudah pernah mengunjungi destinasi wisata pendakian Gunung
Merbabu, yang julmahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel pada penelitian ini
adalah wisatawan yang sudah pernah mengunjungi destinasi wisata pendakian
Gunung Merbabu minimal 1 (satu) kali. Ukuran sampel yang digunakan yaitu 180
responden, didapatkan dari perhitungan rumus Machin dan Cambell. Teknik
sampling yang digunakan merupakan nonprobability sampling yaitu Convenience
Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan
tabel dan persentase, serta analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS,
dan uji hipotesis menggunakan Uji T untuk menguji hubungan langsung, serta Uji
Sobel untuk menguji hubungan tidak langsung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tourist Motivation
berpengaruh signifikan terhadap Perceived Value, Tourist Motivation berpengaruh
signifikan terhadap Memorable Tourism Experience, Perceived Value berpengaruh
signifikan terhadap Memorable Tourism Experience, Perceived Value berpengaruh
signifikan terhadap Revisit Intention, Memorable Tourism Experience berpengaruh
signifikan terhadap Revisit Intention, Tourist Motivation berpengaruh signifikan
terhadap Revisit Intention, Tourist Motivation berpengaruh signifikan terhadap
Revisit Intention melalui Perceived Value, Tourist Motivation berpengaruh
signifikan terhadap Revisit Intention melalui Memorable Tourism Experience,
Tourist Motivation berpengaruh signifikan terhadap Memorable Tourism
Experience melalui Perceived Value, dan Perceived Value berpengaruh signifikan
terhadap Revisit Intention melalui Memorable Tourism Experience. Berdasarkan
hasil penelitian, objek wisata pendakian Gunung Merbabu diharapkan dapat lebih
memahami motivasi wisatawan untuk berkunjung, dan meningkatkan sistem
pengelolaan objek wisata agar wisatawan merasakan nilai-nilai positif dari Gunung
Merbabu sehingga dapat menciptakan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan,
yang kemudian akan mendorong niat wisatawan untuk berkunjung kembali di masa
depan.
Kata Kunci: Tourist Motivation, Perceived Value, Memorable Tourism
Experience, Revisit Intention

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tourist Motivation, Perceived Value, Memorable Tourism Experience, Revisit Intention
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:24
Last Modified: 05 Aug 2024 07:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40588

Actions (login required)

View Item View Item