PENGARUH ONLINE INFORMATION QUALITY DAN TOURIST ATTRACTION TERHADAP TOURIST SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi Kasus Pada Wisatawan Gen Z yang Sudah Berkunjung ke Objek Wisata Dunia Fantasi Ancol Jakarta)

MAULIDA, KHAIRA (2024) PENGARUH ONLINE INFORMATION QUALITY DAN TOURIST ATTRACTION TERHADAP TOURIST SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi Kasus Pada Wisatawan Gen Z yang Sudah Berkunjung ke Objek Wisata Dunia Fantasi Ancol Jakarta). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of SKRIPSI_KHAIRA MAULIDA_152200072.pdf] Text
SKRIPSI_KHAIRA MAULIDA_152200072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Khaira Maulida, Nomor Induk Mahasiswa 152200072, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian “Pengaruh Online
Information Quality dan Tourist Attraction Terhadap Tourist Satisfaction Serta
Dampaknya Pada Revisit Intention (Studi Pada Wisatawan Gen Z Yang Sudah
Berkunjung Ke Dunia Fantasi Ancol)”. Dosen Pembimbing Eny Endah Pujiastuti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Online Information
Quality Dan Tourist Attraction Terhadap Tourist Satisfaction Serta Dampaknya
Pada Revisit Intention (Studi Pada Wisatawan Gen Z Yang Sudah Berkunjung Ke
Dunia Fantasi Ancol). Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Gen Z
yang sudah berkunjung ke Dunia Fantasi Ancol yang jumlahnya tidak diketahui
secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan menggunakan
metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan Gen Z yang
sudah pernah melakukan kunjungan ke destinasi wisata Dunia Fantasi Ancol dan
sudah pernah mengakses situs website resmi Ancol, yaitu www.ancol.com.
Ukuran sampel dengan 160 responden didapatkan dari perhitungan rumus Machin
dan Campbell. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling
dan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif dengan data tabel dan persentasi, serta analisis statistik inferensial
menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel online information
quality berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, tourist attraction
berpengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction, tourist satisfaction
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, online information quality
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, tourist attraction berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention, online information quality berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention melalui tourist satisfaction, dan tourist
attraction berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui tourist
satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian, Dunia Fantasi Ancol Jakarta diharapkan
dapat meningkatkan kualitas informasi yang diberikan dan meningkatkan kualitas
atraksi wahana permainan yang lebih maksimal agar dapat meningkatkan
kepuasan wisatawan lebih tinggi lagi sehingga dapat menumbuhkan keterikatan
dalam benak wisatawan terhadap destinasi wisata sehingga wisatawan memiliki
niat untuk mengunjungi kembali Dunia Fantasi Ancol kembali di masa depan.
Kata kunci : Online Information Quality, Tourist Attraction, Tourist Satisfaction, Revisit Intention.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Online Information Quality, Tourist Attraction, Tourist Satisfaction, Revisit Intention.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:10
Last Modified: 26 Jul 2024 02:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40451

Actions (login required)

View Item View Item