ANALISIS SWOT DAN VALIDASI PRODUK PADA UMKM BAKPIA PATHOK NEW 007 DI KAPANEWON SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN

PRASTIWI, ANINDITA (2024) ANALISIS SWOT DAN VALIDASI PRODUK PADA UMKM BAKPIA PATHOK NEW 007 DI KAPANEWON SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_135200104_Anindita Prastiwi.pdf] Text
Skripsi Fulltext_135200104_Anindita Prastiwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Cover_135200104_Anindita Prastiwi.pdf] Text
Cover_135200104_Anindita Prastiwi.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Abstrak_135200104_Anindita Prastiwi.pdf] Text
Abstrak_135200104_Anindita Prastiwi.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_135200104_Anindita Prastiwi.pdf] Text
Lembar Pengesahan_135200104_Anindita Prastiwi.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Daftar Isi_135200104_Anindita Prastiwi.pdf] Text
Daftar Isi_135200104_Anindita Prastiwi.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_135200104_Anindita Prastiwi.pdf] Text
Daftar Pustaka_135200104_Anindita Prastiwi.pdf

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor internal dan eksternal, (2)
menganalisis alternatif strategi pengembangan produk dari hasil analisis SWOT,
dan (3) menganalisis produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
konsumen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan
metode penentuan lokasi secara purposive dan pengambilan responden
menggunakan metode purposive dan convenience sampling. Pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi, FGD, kuesioner, dan dokumentasi.
Metode analisis data yang digunakan adalah matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan
validasi produk. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bakpia Pathok New 007
memiliki 12 faktor internal dan 10 faktor eksternal. Faktor internal kekuatan utama
dari usaha ini, yaitu varian rasa beragam dan kualitas produk yang baik, sedangkan
faktor internal kelemahan utamanya adalah keterbatasan modal usaha. Faktor
eksternal peluang utama dari usaha ini adalah pangsa pasar yang luas, sedangkan
faktor eksternal ancaman utamanya, yaitu semakin inovatifnya para pesaing dalam
menghasilkan produk, (2) alternatif strategi bagi Bakpia Pathok New 007, yaitu
mempertahankan kualitas produk untuk menciptakan konsumen yang loyal,
memperluas jangkauan produk dengan menyampaikan keunggulan produk, dan
melakukan inovasi produk, dan (3) validasi produk oleh konsumen dari Bakpia
Pathok New 007 pada aspek produk bakpia basah yang perlu ditingkatkan atau
dibenahi adalah rasa dan ketahanan produk, sedangkan pada aspek produk bakpia
kering, yaitu tekstur dan ketahanan produk.
Kata kunci: Bakpia, matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, analisis SWOT, Validasi
Produk

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bakpia, matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, analisis SWOT, Validasi Produk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:05
Last Modified: 28 Aug 2024 08:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40349

Actions (login required)

View Item View Item